Ajukan Kasasi, Kuasa Hukum Targetkan Ahmad Dhani Bebas

Kompas.com - 26/03/2019, 16:12 WIB
Sidang lanjutan perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa Ahmad Dhani di PN Surabaya, Selasa (19/3/2019) KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALSidang lanjutan perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa Ahmad Dhani di PN Surabaya, Selasa (19/3/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim kuasa hukum Ahmad Dhani resmi mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang mengubah vonis Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap Dhani dari 1,5 tahun menjadi 1 tahun penjara.

Pengajuan kasasi tersebut dilakukan oleh kuasa hukum Dhani, Hendarsam Marantoko, melalui PN Jakarta Selatan pada Selasa (26/3/2019).

"Hari ini kami menyatakan kasasi dan 14 hari ke depan kami harus menyatakan memori kasasi kami," ujar Hendarsam.

Hendarsam mengatakan bahwa memori kasasi akan memuat banyak poin. Selain itu, memori kasasi ini akan berbeda dengan memori banding lantaran akan membahas penerapan hukum.

Menurut Hendarsam, pengajuan kasasi ini atas permintaan Dhani dan keluarga. Mereka bersepakat mengupayakan langkah hukum apa pun sampai Ahmad Dhani bebas.

Baca juga: Tak Puas Hukumannya Dipotong, Ahmad Dhani Akan Ajukan Kasasi

"Kami sepakat kalau Dhani dinyatakan bersalah, akan ada upaya hukum sampai Dhani bebas. Karena target kami Dhani bebas. Target sebagian aktivis juga Dhani bebas," kata Hendarsam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diberitakan sebelumnya, Majelis hakim PN Jakarta Selatan menjatuhkan vonis hukuman satu tahun enam bulan penjara kepada Ahmad Dhani atas kasus ujaran kebencian.

Hakim menilai, Dhani melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

Baca juga: Vonis Dipangkas, Ahmad Dhani Tetap Ingin Divonis Bebas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.