Kartun Ber(b)isik Dihadirkan di Bentara Budaya Bali

Kompas.com - 28/03/2019, 16:39 WIB
Bentara Budaya BaliDok Bentara Budaya Bentara Budaya Bali

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sesudah diselenggarakan di Bentara Budaya Jakarta (BBJ) pada 3-13 Oktober 2019, pameran Kartun Ber(b)isik akan diadakan di Bentara Budaya Bali (BBB), Jalan Profesor Ida Bagus Mantra No 88A, Ketewel, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Pembukaan pameran kartun tersebut akan dibuka pada Jumat (29/3/2019) pukul 18.30 WITA dan pameran itu akan dilangsungkan pada 30 Maret-9 April 2019, pukul 10.00-18.00 WITA.

Enam kartunis, yaitu Beng Rahadian, Didie SW, Ika W Burhan, Mice Cartoon, Rahardi Handining, dan Tommy Thomdean memamerkan karya terbaru mereka dalam Kartun Ber(b)isik.

Baca juga: Agenda Seminggu Bentara Budaya: Nikmati Puisi, Musik, dan Kartun

Pameran tersebut selain untuk memperlihatkan karya para kartunis itu sebagai karya seni kepada publik, juga untuk mengingatkan publik akan tradisi kritik dalam kartun.

Dengan gaya masing-masing, para kartunis tersebut bermaksud mengangkat masalah aktual di Indonesia melalui karya mereka, yang berupa humor sekaligus kritik.

Mereka juga berusaha menyajikan karya sesuai dengan semangat "zaman now", mengingat mereka pun ingin mengajak generasi milenial untuk menyampaikan kritik secara santun sebagai warga yang beradab.

Mereka ingin pula mengajak publik mengingat bahwa kemajuan bangsa memiliki dampak positif-negatif dan menyikapi semua itu secara bijak.

Baca juga: Bentara Budaya: Di Jakarta Film Benyamin S, di Bali Film Anti Korupsi

Pameran Kartun Ber(b)isik menyiratkan bahwa proses cipta kartun memerlukan kreativitas dan intensitas pencapaian yang tinggi, mengingat penyampaian dalam bahasa kartun bukan perkara yang mudah.

Terkait pameran itu, di Bentara Budaya Bali akan ada pula loka karya karikatur untuk generasi muda bersama kartunis I Wayan Nuriarta, S.Pd,M.Sn dalam program Kelas Kreatif. 


PenulisAti Kamil
EditorAti Kamil

Close Ads X