Kisah Kasih Arjuna dalam Pementasan Teater Tari "Tembang Nestapa"

Kompas.com - 31/03/2019, 11:20 WIB
Pada Sabtu (30/3/2019), penikmat seni dihibur dengan pementasan teater tari berjudul Tembang Nestapa persembahan kelompok seni asal Bekasi yaitu, Bhatara Dance Project. Bhatara Dance ProjectPada Sabtu (30/3/2019), penikmat seni dihibur dengan pementasan teater tari berjudul Tembang Nestapa persembahan kelompok seni asal Bekasi yaitu, Bhatara Dance Project.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 14 kelompok terpilih dari Program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia akan menampilkan karya seni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya sepanjang akhir pekan di bulan Maret dan April 2019.

Pada Sabtu (30/3/2019), penikmat seni dihibur dengan pementasan teater tari berjudul Tembang Nestapa persembahan kelompok seni asal Bekasi yaitu, Bhatara Dance Project.

Program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia merupakan program yang digagas oleh Garin Workshop bersama Bakti Budaya Djarum Foundation.

Bertujuan untuk menumbuhkan seniman-seniman muda khususnya di bidang seni pertunjukan, program ini berisi serangkaian program yang melibatkan seniman profesional yang ahli di bidangnya masing-masing.

Baca juga: Jelang Pementasan, Pemain Musikal Cinta Tak Pernah Sederhana Was-was

Mulai dari roadshow Pekanbaru, Solo, Makassar, dan Bali, pengumpulan Art Project Development Proposal, workshop seni pertunjukan, dan panggung ruang kreatif.

Dengan adanya rangkaian program dan adanya proses seleksi terbaik melalui mekanisme pitching forum, terpilihlah 14 komunitas seni yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karyanya di Galeri Indonesia Kaya pada bulan Maret-April 2019.

"Memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya, peserta program ruang kreatif hadir dengan karya yang semakin kreatif dan inovatif. Dibantu dengan para mentor yang ahli di bidangnya, kelompok seni ini mampu mengembangkan gagasannya menjadi sebuah seni pertunjukan yang menarik dan inspiratif," ujar Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian.

"Diharapkan program ini senantiasa dapat menjadi wadah untuk menumbuhkan dan meningkatkan kualitas seniman-seniman muda, sehingga proses regenerasi di bidang seni pertunjukan tetap ada," imbuhnya. 

Terinspirasi dari naskah drama Wayang Swargaloka berjudul Tembang Nestapa Banowati yang ditulis oleh Irwan Riyadi pada tahun 2013, Bhatara Dance Project menginterpretasi dan mengembangkannya menjadi karya baru berbentuk teater tari.

Tembang Nestapa menceritakan tentang Raden Arjuna seorang ksatria Pandawa yang ahli memanah dan Dewi Banowati. Keduanya merupakan sepasang kekasih yang berpisah karena Banowati harus menikah dengan lelaki yang tidak dicintainya, Duryudana.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X