Keluarga Pencipta Komik Si Buta dari Gua Hantu Beri Semua Buku Komik pada Timo Tjahjanto

Kompas.com - 09/04/2019, 18:12 WIB
(dari kiri) Timo Tjahjanto, Wiki Olindo, Iwan Nazif dan tim penulis skenario Si Buta Dari Gua Hantu di Indonesia Comic Con 2018 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10/2018). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA(dari kiri) Timo Tjahjanto, Wiki Olindo, Iwan Nazif dan tim penulis skenario Si Buta Dari Gua Hantu di Indonesia Comic Con 2018 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak keluarga mendiang komikus Ganes TH mendukung sutradara Timo Tjahjanto yang sedang menggarap film Si Buta dari Gua Hantu. Ganes TH adalah pencipta karakter Si Buta dari Gua Hantu.

Putra Ganes, Gienardy Oktavianus Santosa, mendukung Timo dengan memberikan semua koleksi seri komik Si Buta dari Gua Hantu dari awal sampai akhir.

"Kami sangat mendukung Timo dengan buku-buku Si Buta. Biarkan sang sutradara ini benar-benar tahu karakter Si Buta seperti apa (lewat komik)," kata Kang Gienardy, sapaan akrabnya kepada Kompas.com di Gedung Filateli, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

"Kalau cuma beberapa buku, dia pasti belum akan tahu. Kami siapkan semua buku bahwa begini, lho, Si Buta," sambung dia.

Baca juga: Berkonsep Dunia Nusantara, Film Si Buta dari Gua Hantu Akan Brutal

Gienardy mengatakan, komik Si Buta dibuat di era 1970-an. BumiLangit Comics, penerbit Si Buta dari Gua Hantu juga menerbitkan cerita lanjutan dari pendekar bernama Barda Mandrawata tersebut.

Tugas Timo, kata Gienardy, akan memadukan era dulu dengan zaman kini yang membidik generasi saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara benang merah akan ditampilkan oleh Timo. Timo akan memadukan Si Buta klasik yang dibuat Ganes, ditambah dengan dari teman-teman BumiLangit," kata dia.

Meski melepas secara keseluruhan kepada Timo, Gienardy tetap akan mengawal cerita dan ketokohan dalam film yang digarap rumah produksi Screenplay Films dan BumiLangit Studios tersebut.

"Untuk penuturan cerita saya khususnya dilibatkan dalam formasi. Oh ini kayak gini gini. Saya sama teman-teman dari BumiLangit sangat cocok," kata dia.

Kepada Kompas.com beberapa waktu lalu, Timo membocorkan konsep yang ia usung saat menggarap film Si Buta dari Gua Hantu. Timo ingin Si Buta dari Gua Hantu berkonsep dunia nusantara.

"Konsep gua di Si Buta dari Gua Hantu adalah dunia nusantara Indonesia. Itu yang pengin gua angkat sih," ujar Timo.

"Karena gua merasa si Buta walau filmnya akan brutal, tapi juga salah satu film yang mengingatkan lagi bahwa Indonesia ini kaya sejarah tribalisme dan perguruan. Kayak beragam hal dari nusantara," sambungnya.

Baca juga: BumiLangit Minta Timo Tjahjanto Tahan Diri untuk Si Buta dari Gua Hantu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.