Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tyo Pakusadewo Akan Membuat Film tentang Kusni Kasdut

Kompas.com - 14/04/2019, 09:37 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Tyo Pakusadewo akan menjajal kemampuannya sebagai sutradara.

Tyo berujar, ia akan menggarap cerita tentang sosok Kusni Kasdut, mantan laskar pejuang kemerdekaan Indonesia yang berubah menjadi perampok yang sadis.

"Bikin film. Judulnya Kusni Kasdut, saya yang sutradarai," ujar Tyo saat dijumpai di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Tyo mengatakan bahwa ide untuk membuat film ini sudah tercetus sejak sembilan tahun lalu atau pada 2009. Saat itu, Tyo menggagasnya bersama sutradara film Identitas, Aria Kusumadewa.

Baca juga: Meniti Karier Kembali, Tyo Pakusadewo Akui Terseok-seok

Jangka yang terlalu lama hingga akhirnya Tyo baru akan mengeksekusinya pada 2019 ini karena Tyo terkendala riset. Tyo sulit menemukan keluarga Kusni Kasdut.

"Nyari keluarganya enggak ketemu. Waktu saya pulang dari Meksiko (menjalani hukuman penjara) saya nyekar ke makam kakek saya. Pulangnya mampir ke Purbolinggo, ya, ketemu sama keluarga (Kusni Kasdut), enggak sengaja," kata Tyo.

Tyo lalu bercerita tentang keinginannya membuat kisah Kusni Kasdut ke dalam layar lebar. Keluarga mengizinkan dan malah membantu Tyo.

"Saya sudah bertemu keluarga dan sepakat banyak hal. Ya, tinggal ceritanya ditulis. Akan digarap (shooting) September nanti," kata Tyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com