Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jin BTS: Bohong Jika Dibilang Kami Tidak Merasa Tertekan

Kompas.com - 18/04/2019, 16:53 WIB

KOMPAS.com - Kepopuleran dan kesuksesan yang boyband BTS raih tak hanya meninggalkan kesan kebahagiaan bagi mereka dan para ARMY, nama fandom BTS.

Dalam konferensi pers di Seoul, Korea Selatan, pada 17 April 2019, BTS mengungkap bahwa mereka juga merasakan tekanan atau beban dalam membentuk jalan karier mereka sendiri.

"Bohong jika mengatakan bahwa grup (kami) tidak merasakan tekanan. Saya merasakan banyak tekanan, bahkan sekarang," ujar Jin, member tertua boyband bentukan Big Hit Entertainment itu.

Namun, Jin bersama member BTS lainnya memiliki 'penawar' untuk menghadapi tekanan-tekanan tersebut. Pertama, fokus pada musik dan penampilan mereka dan kedua, hadirnya ARMY yang selalu mendukung mereka.

"Kami berupaya melepaskan tekanan dengan bekerja keras pada musik dan pertunjukan kami. Karena penggemar kami mendukung kami, kami dapat bekerja keras dan tekanan yang kami rasakan berkurang," ucap Jin.

Setelah beberapa mimpi mereka satu per satu terwujud, dari masuk dalam tangga lagu Billboard hingga menghadiri Grammy Awards dan mengadakan tur stadion, BTS lalu ditanya tujuan mereka selanjutnya.

Baca juga: Sosok Penting yang Menginspirasi Album Map of the Soul: Persona Milik BTS

"Hasil dan rekor itu penting, tapi saya pikir tidak ada hasil yang lebih baik daripada orang yang mencapai kebahagiaan karena musik kami. Album ini dibuat untuk dinikmati bersama dengan penggemar. Jika penggemar dapat menikmati dan bahagia bersama kami, saya pikir tidak ada tujuan yang lebih baik," ujar Jin.

Suga, member BTS yang lain, menimpali bahwa sebenarnya jika berpikir jauh ke depan, ada banyak yang ingin mereka lakukan.

"Namun, Kami harus berhasil menyelesaikan apa yang ada di depan mata dalam waktu dekat. Saya harap kami berhasil menyelesaikan tur stadion kami. Sebelum tur stadion adalah Billboard Music Awards, yang mana kami telah dinominasikan dalam dua kategori," ujar Suga.

"Saya ingin mengatakan bahwa saya berharap kami memenangkan kedua penghargaan, tetapi secara realistis saya tidak yakin apakah itu mungkin, jadi saya berharap kami bisa memenangkan satu penghargaan," tambahnya.

Baca juga: Sukses Secara Global, BTS Berterima Kasih kepada Para Senior yang Telah Bukakan Jalan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+