Penyanyi Jazz Amelia Ong Bawa Mentari ke Bentara Budaya Yogyakarta

Kompas.com - 22/04/2019, 17:20 WIB
Amelia Ong mengenalkan singel Mentari dalam Jazz Mben Senen di Bentara Budaya Yogyakarta, Senin (22/4/2019) malam. Dok Komunitas Jazz JogjaAmelia Ong mengenalkan singel Mentari dalam Jazz Mben Senen di Bentara Budaya Yogyakarta, Senin (22/4/2019) malam.
Penulis Ati Kamil
|
Editor Ati Kamil

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Bentara Budaya Yogyakarta pada Senin ini (22/4/2019) mulai pukul 20.00 WIB akan kembali menyuguhkan Jazz Mben Senen.

Jazz Mben Senen merupakan pertemuan antara mereka yang berkecimpung di dunia musik, dari berbagai jenis musik, tingkat kemampuan bermain musik, dan latar belakang budaya.

Senin lalu (15/4/2019), dalam "minggu tenang" Pemilu 2019, kegiatan bermusik tersebut diistirahatkan.

Baca juga: Jazz Mben Senen di Yogyakarta, Orkes Keroncong Sarasvati di Solo

Kali ini Jazz Mben Senen akan menghadirkan Amelia Ong (28), penyanyi jazz yang lahir di Purwokerto, Jawa Tengah. Ia akan mengenalkan singel barunya, "Mentari", yang dirilisnya pada Maret 2019.

Kepada pihak Komunitas Jazz Jogja, penyelenggara Jazz Mben Senen bersama pihak Bentara Budaya Yogyakarta, Amelia menerangkan bahwa ia akan tampil bersama empat pemusik yang mendukung penampilannya.

Mereka adalah Giovammi Goria Lopis (gitar), Paulus Neo (keyboard), Danny Eriawan Wibowo (bas), dan Anggrian Hidha Purwan dono (drum).

Baca juga: Senin Malam Ini Gitaris Teguh Joyosantiko Isi Panggung Jazz Mben Senen

Dicatat oleh situs ipfs.io, perempuan bernama lengkap R Rr Amelia Tri Wardani ini mulai belajar bermusik--menyanyi serta main saksofon dan piano--ketika berusia empat tahun.

Ketika pindah ke Jakarta, ia belajar menyanyi dari vokalis jazz Bertha. Dari Bertha pula ia mengenal sejumlah artis musik jazz lain yang juga ternama, antara lain Idang Rasjidi dan Yance Manusama.

Dengan jaringannya itu ia bisa tampil di, antara lain, Java Jazz Festival.  

Baca juga: Tabib hingga Pendongeng Akan Beraksi dalam Rap Nusantara di BBJ

Pada 2006, Amelia Ong mulai menimba ilmu di Western Australian Academy of Performing Arts di Perth. Ia juga bergabung dalam West Australian Youth Jazz Orchestra, dengan memakai nama panggung Amelia Ong.

Amelia menetap di Australia selama delapan tahun. Di sana ia pernah tampil bersama sejumlah pemusik jazz dari Australia, antara lain James Morrison dan Joe Chindamo, serta manggung di Wangaratta Festival of Jazz.

Baca juga: Agenda Seminggu Bentara Budaya: Nikmati Puisi, Musik, dan Kartun

Kembali ke Tanah Air pada 2014, label rekaman Demajors di Jakarta mengontraknya untuk menelurkan album perdananya.

Album berjudul Amelia Ong itu dirilis pada 2015. Para pemusik yang mendukung rekaman album tersebut adalah, antara lain, Sri Hanuraga, Kevin Yosua, dan Dennis Juno.

Pada 2016, ia meraih penghargaan dari Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards untuk kategori Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Nasrani Terbaik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X