Senin Malam Ini Gitaris Teguh Joyosantiko Isi Panggung Jazz Mben Senen

Kompas.com - 01/04/2019, 16:02 WIB
Bentara Budaya Yogyakarta Dok Bentara Budaya YogyakartaBentara Budaya Yogyakarta
Penulis Ati Kamil
|
Editor Ati Kamil

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Gitaris Teguh Joyosantiko dari Yogyakarta akan mengisi panggung Jazz Mben Senen kali ini, Senin (1/4/2019), pukul 20.00-24.00 WIB, di Bentara Budaya Yogyakarta.

Teguh, alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, selama ini sudah dikenal sebagai gitaris dalam beberapa band di Yogyakarta, yaitu RedDot, KOEN The Guitar Band, dan B.U.K.T.U.

Pada 23 April 2019 ia akan merilis album solo pertamanya, Kalarindu, yang merupakan album instrumental dengan alat musik utama gitar.

Ada tujuh lagu dalam album itu, yaitu Kalarindu, Sweet Moment, When You Fly Away, Ghost I, Firefly, Ghost II, dan Konflik.

Baca juga: Agenda Seminggu Bentara Budaya: Nikmati Puisi, Musik, dan Kartun

Semua lagu tersebut dicipta oleh Teguh dan merupakan memori kolektifnya mengenai seseorang yang berpengaruh terhadap kehidupannya.

"Aku mengeksplorasi semuanya seperti yang aku inginkan. Apa yang aku dengar pasti memengaruhi proses bermusikku. Misalnya, kenapa ada pengaruh Kitaro dan Lee Ritenour, karena sejak kecil sudah diajak mendengarkan musik itu sama almarhum Papa," tuturnya, yang disampaikannya melalui keterangan tertulis mengenai album Kalarindu.

Baca juga: Tohpati Kawinkan Gitar dan Kendang di Bentara Budaya Jakarta

Lagu-lagu dari album tersebut akan disajikannya dalam Jazz Mben Senen kali ini.

Ia akan tampil bersama Paulus Neo (keyboard), Adhie Bona (bas), dan Dedy Alldrint (drum). Mereka terlibat dalam rekaman album Kalarindu.

Baca juga: Tabib hingga Pendongeng Akan Beraksi dalam Rap Nusantara di BBJ

Jazz Mben Senen di Bentara Budaya Yogyakarta merupakan acara setiap Senin malam yang terbuka bagi siapa saja yang ingin berekspresi di jalur musik.

Sejak 2009, Jazz Mben Senen berjalan atas kerja bareng Komunitas Jazz Jogja dengan Bentara Budaya Yogyakarta.

"Kalau tidak ada yang mendaftar secara khusus melalui e-mail atau Instagram Jazz Mben Senen, mereka yang datang dan ingin tampil bisa tampil, bisa nge-jam, spontan," kata Praswa Jati, yang mengurus Jazz Mben Senen dari Komunitas Jazz Jogja, ketika dihubungi per telepon oleh Kompas.com, Minggu (24/3/2019) sore.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X