Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Down Swan, Kisah Anak Down Syndrome yang Bermimpi Jadi Balerina

Kompas.com - 06/05/2019, 17:04 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara film Down Swan, Fuad Akbar, mengatakan bahwa film debutnya itu mengisahkan tentang seorang anak mengidap down syndrome bernama Nadia, yang ingin meraih mimpi menjadi seorang balerina.

Hal itu dikatakan Fuad saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

"Down Swan ini adalah film tentang keluarga. Perjuangan anak kecil yang meraih cita-citanya dengan didukung oleh kedua orangtuanya," kata Fuad.

Meski tergolong kisah yang ringan, Fuad mengaku penulisan naskah film tersebut berkali-kali direvisi.

"Ceritanya lebih ringan, walaupun kenyataannya semua skrip punya kendala yang sama. Dirombak banyak sih sampai draft delapan," ujarnya.

Baca juga: Putri Ayudya Mainkan Peran Ibu dengan Anak Down Syndrome

Fuad menambahkan, isu down syndrome tak membuat film ini menjadi segmented atau tersegmentasi. Down Swan justru, lanjutnya, ditujukkan untuk semua anak-anak di seluruh dunia.

"Ceritanya bukan untuk anak-anak berkubutuhan khusus, tapi untuk anak-anak di dunia mereka berhak mendapatkan cita-cita, kasih sayang, support kesehatannya, dan karena ini film drama, kami perlu yang lebih dramatik," tambahnya.

Untuk tokoh Nadia, diperankan oleh artis cilik Arina Dhisya. Nama Putri Ayudya dan Ariyo Wahab pun tercatat sebagai pemeran orangtua Nadia, yakni Mitha dan Bisma.

Down Swan dijadwalkan tayang diseluruh bioskop Indonesia pada 23 Mei 2019 mendatang.

Baca juga: Para Personel The Dance Company Tak Masalah Ariyo Wahab Main Film

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com