Keroncong Bale di Balai Soedjatmoko Solo Pentaskan Orkes Keroncong Puspa Arum

Kompas.com - 16/05/2019, 13:32 WIB
Penulis Ati Kamil
|
Editor Ati Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Musik dan orkes keroncong, yang lekat dengan Surakarta atau Solo, Jawa Tengah, hadir lagi di Balai Soedjatmoko Solo (BSS).

Keroncong Bale, panggung musik keroncong yang diadakan pada Jumat sebulan sekali di selasar BSS, Jumat (17/5/2019) malam akan menghadirkan Orkes Keroncong (OK) Puspa Arum.

Kelahiran grup musik itu diresmikan di Solo pada 27 Juli 2017. Orkes keroncong yang beralamat di Mojosongo, Solo, tersebut dipimpin oleh Effendi Pujonirwono.

Baca juga: Tulus Jajal Keroncong di Java Jazz Festival 2017

OK Puspa Arum dibentuk berawal dari perbincangan Effendi bersama Supranjono Eko Raharjo, Didit Novianto, Supriyo, dan Sriyanto, sesama warga Solo.

Semangat mereka membuat orkes keroncong tersebut ketika itu adalah menjaga dan mengembangkan keberadaan musik keroncong serta menyatukan para warga Solo yang berbeda-beda latar belakang.

Baca juga: Jembatan Merah yang Tak Lagi Keroncong

Grup musik tersebut dilatih oleh Ari Mulyono, putra penyanyi keroncong legendaris Waldjinah. Ari sekaligus merupakan pemain flute dalam grup musik itu.

Dalam grup musik tersebut ada pula Supranjono Eko Raharjo (gitar), Sunantyo (cuk), Suprihatin (cak), Waris (cello), Indro Saputro (biola), Supriyo (bas) serta Budi Prasetyo dan Totok Acong (bas cadangan).

Baca juga: Sundari Soekotjo Garap Album Keroncong dengan Sentuhan Kekinian

Tak kurang dari penyanyi-penyanyi keroncong Waldjinah, Sruti Respati, dan Iin Indriani, mendukung OK Puspa Arum pada acara peresmiannya.

Dalam Keroncong Bale Jumat (17/5/2019) malam OK Puspa Arum akan memberi panggung pula untuk sejumlah bakat muda keroncong dari Solo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.