Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yura Yunita Gandeng Bunda Galuh untuk Bahasa Isyarat di Video Merakit

Kompas.com - 19/05/2019, 09:10 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Yura Yunita melibatkan Bunda Galuh, seorang praktisi bahasa isyarat dalam menggarap klip video "Merakit" dalam bahasa isyarat.

"Aku rilis video bahasa isyarat Merakit Bersama bunda Galuh, salah satu praktisi bahasa isyarat di Indonesia," kata Yura saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (17/5/2019).

Rupanya, ide awal untuk membuat klip video dalam bahasa isyarat datang dari Bunda Galuh yang tersentuh oleh makna lirik lagu "Merakit".

"Ternyata Bunda Galuh sudah pernah menonton musik video 'Merakit', dan Bunda Galuh membaca liriknya. Kata Bunda liriknya sangat powerful dan bunda sangat ingin teman-teman tuli merasakan betul lirik positif dari lagu merakit ini," tutur Yura.

"Gimana kalau misalnya kita bikin bahasa isyaratnya supaya teman-teman tuli bisa merasakan menikmati karya seni dengan cara yang belum pernah ada," sambungnya.

Yura pun langsung menyambut baik tawaran Bunda Galuh itu. Kini, lagu yang masuk ke dalam album keduanya itu dapat dinikmati oleh teman-teman tuli.

Yura menambahkan, dia lebih memahami makna yang lebih dalam saat melantunkan lagu "Merakit" dalam bahasa isyarat.

"Aku mendapat pemahaman sesungguhnya, penggunaan  bahasa isyarat untuk sebuah lagu itu sedikit berbeda dari mengisyaratkan kalimat sehari-hari," tambahnya.

Baca juga: Cerita di Balik Kolaborasi Yura Yunita dengan Teman Tunanetra di Merakit Konser Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com