Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayan Ruhian Khawatir Orang Indonesia Harus Belajar Silat dari Orang Asing

Kompas.com - 20/05/2019, 18:38 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor laga Indonesia Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman ingin seni bela diri pencak silat benar-benar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menurut mereka, dengan pencak silat mulai merambah Hollywood, orang Indonesia harus termotivasi untuk menjaga kelestariannya.

"Generasi muda kita harus mengenal silat dengan lebih baik karena kalau orang lain bisa senang dengan silat kenapa generasi muda kita tidak. Lewat tren film Hollywood ini semoga semakin banyak yang menyukai silat," ucap Cecep saat ditemui dalam jumpa pers di Plaza Indonesia, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Cecep mengatakan tak ada alasan tak bangga akan pencak silat yang sudah dilirik dunia, baik dari segi film dan seni bela diri.

"Menurut saya itu suatu kebanggaan karena otomatis kalau ini dikenalkan lewat film Hollywood, jadi pasar internasional mengetahui silat tidak kalah dengan bela diri lain," ucapnya.

Hal senada diutarakan Yayan. Ia menilai pencak silat pencak silat kurang dilirik dibandingkan dengan bela diri dari luar negeri.

"Dulu kami mengenalkan silat dari satu panggung ke panggung lainnya, dan itu biasanya hanya ditonton beberapa orang yang menyukai bela diri," kenang Yayan.

"Namun lewat film layar lebar, apalagi melalui film Hollywood, ini kebanggaan, kesempatan buat kami masyarakat pencak silat bisa memperkenalkan silat lebih ditonton generasi muda Indonesia," ucapnya.

Yayan berpendapat bila regenerasi atlet pencak silat di Tanah Air berhenti, bukan tidak mungkin ilmu bela diri asli Indonesia itu akan dipelajari pihak luar.

"Karena kami khawatir lima atau sepuluh tahun ke depan saat anak cucu kita ingin belajar silat, mereka harus diajar oleh bangsa luar," ucapnya.

Baca juga: Proyek Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman setelah John Wick 3

"Saya hanya heran sering perguruan silat dengan biaya murah, bahkan gratis tapi orang malas. Dengan bela diri luar, harga mahal, sepuluh kali harga kita yang iuran katakanlah terserah, selalu jadi kebanggaan," sambungnya.

Yayan dan Cecep merupakan beberapa nama dari aktor laga Indonesia yang sukses membangkitkan kembali industri film laga.

Berawal dari film The Raid 2: Berandal, keduanya sering terlibat dalam satu film baik dalam maupun luar negeri, seperti Stars Wars: The Force Awakens (2015), Iseng (2016), dan Wiro Sableng 212 (2018).

Baca juga: Yayan Ruhian Berulang Kali Peringatkan Cecep A Rahman Sebelum Dibanting Keanu Reeves

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com