Arumi Bachsin: Ani Yudhoyono Sosok yang Sangat Inspiratif

Kompas.com - 02/06/2019, 21:23 WIB
Artis peran Arumi Bachsin dan suaminya Emil Dardak saat ditemui usai prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAArtis peran Arumi Bachsin dan suaminya Emil Dardak saat ditemui usai prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Arumi Bachsin melihat Ibu Negara Ani Yudhoyono sebagai sosok yang inspiratif.

Arumi menilai perjuangan Ani mendampingi Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dalam berbagai kondisi sulit patut diacungi jempol.

Hal ini diutarakan Arumi saat mendampingi suaminya, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, di prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

"Dari yang saya pantau, dia sosok yang sangat inspiratif. Tadi dibacakan biografi singkatannya, beliau menunjukkan bahwa perempuan, apalagi beliau, memiliki platform yang sangat besar sebagai Ibu Negara pada saat itu," ucap Arumi.

Baca juga: Pesan Ani Yudhoyono kepada Dede Yusuf: Utamakan Keluarga

Salah satu pelajaran penting yang diambil Arumi dari Ani Yudhoyono adalah kesiapan sebagai seorang istri dalam mendampingi suami.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arumi mengaku terkejut akan kisah Ani Yudhoyono yang sempat berjualan es mambo untuk membantu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono mencukupi kebutuhan keluarga.

"Hari gini perempuan masih ada yang mau diajak susah enggak ya? Luar biasa ya, tapi itu suri tauladan lah," ucap Arumi.

"Jadi bukan hanya laki-laki yang harus tegar, tapi juga kita perempuan mengisi kekosongan rumah tangga di tempat lainnya," sambungnya.

Kisah itu dituturkan Ani Yudhoyono dalam bukunya Kepak Sayap Putri Prajurit yang ditulis Alberthiene Endah dan diterbitkan R&W.

Baca juga: Annisa Pohan Sebut Ani Yudhoyono Ingin Punya Museum Pribadi

Saat itu, SBY baru berpangkat letnan satu dan menjadi komandan peleton mortir di Yonif Linud 330 di Bale Endah, Bandung. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.