Nama B.I Dihapus dari Lagu-lagu iKON

Kompas.com - 04/07/2019, 10:20 WIB
Leader boyband iKON, Kim Hanbin alias B.I. Soompi/XportsnewsLeader boyband iKON, Kim Hanbin alias B.I.
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Setelah mengakui mencoba membeli narkoba, Kim Hanbin atau yang lebih dikenal sebagai B.I memutuskan keluar dari boyband iKON.

Ternyata hal itu diikuti dengan penghapusan nama B.I di lagu-lagu iKON yang tercatat di situs-situs musik Korea seperti Melon, Genie, dan Soribada.

Pada profil B.I di Melon, sama sekali tidak ada catatan lagu yang dia nyanyikan atau produksi, kecuali lagu "BE I" dari program Show Me The Money.

Padahal publik mengetahui B.I adalah otak iKON. Dialah yang menciptakan lagu sekaligus menjadi produser lagu-lagu iKON, termasuk yang paling populer seperti "Love Scenario".

Hanbin-lah yang mengaransemen vokal teman-temannya di iKON. Dia yang mengatur bagian yang paling cocok untuk setiap member pada setiap lagu.

Dia menjadi idol pertama yang meraih penghargaan "Best Song Writer of the Year" di Melon Music Awards.

Prestasi lainnya adalah iKON adalah boyband pertama yang memenangi "Best Production of the Year" dengan lagu-lagu yang dia produseri sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya pemenang biasanya produser-produser utama agensi seperti Yang Hyun Suk (YG Entertainment) atau Bang Si Hyuk (Big Hit Entertainment).

Baca juga: Psikiater Pastikan B.I Eks iKON Tunjukkan Tanda-tanda Kecanduan Narkoba

Fakta menarik lainnya adalah nama-nama artis yang sudah keluar dari YG Entertainment seperti Psy, Park Bom, Epik High, bahkan Seungri masih tercantum di karya-karya lama mereka.

Sejauh ini belum diketahui alasan penghapusan nama B.I pada lagu-lagu iKON di situs-situs musik tersebut.

Baca juga: B.I Hengkang dari iKON, Saham YG Entertainment Makin Anjlok

Yang jelas para fans iKON berpendapat B.I tidak seharusnya mendapat perlakuan seperti itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Allkpop
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.