Kriss Hatta Divonis Bebas, Hilda Vitria Masih Istri Sah

Kompas.com - 04/07/2019, 21:10 WIB
Hilda Vitria menghadiri sidang perdana kasus dugaan pemalsuan dokumen yang menjerat Kriss Hatta di Pengadilan Negeri Bekasi, Jawa Barat, Rabu (24/4/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAHilda Vitria menghadiri sidang perdana kasus dugaan pemalsuan dokumen yang menjerat Kriss Hatta di Pengadilan Negeri Bekasi, Jawa Barat, Rabu (24/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com--Vonis bebas dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kota Bekasi kepada Kriss Hatta otomatis membuat status pernikahannya dengan Hilda Vitria kembali dipertanyakan.

Kepada Kompas.com, kuasa hukum Kriss Hatta, Lukmanul Hakim mengatakan, kliennya dan Hilda masih berstatus suami-istri resmi.

"Ya, tetap resmi karena pernikahannya telah dicatat di KUA. Maka kalau mau pisah salah satu pihak menggugat," ujar Lukmanul saat dihubungi, Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Divonis Bebas, Kriss Hatta Bilang Sampai Ketemu di Luar

Lukmanul menambahkan, status pernikahan itu masih sah secara agama dan juga negara.

"Ya kalau kita mendengar pernikahan tercatat secara administrasi negara hari ini tuh tidak ada pihak yang bisa menafikan pernikahan itu sah menurut hukum. Ya menurut agama dan hukum," kata Lukmanul lagi.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Agama Bandung, Jawa Barat memenangkan Kriss Hatta atas perkara pembatalan perkawinan yang diajukan oleh Hilda Vitria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam putusan tersebut, hubungan suami-istri Kriss Hatta dan Hilda Vitria masih tetap sah dan dianggap legal secara hukum.

Baca juga: Kriss Hatta Akan Lakukan Ini Setelah Bebas

Pasalnya, baik Pengadilan Agama Bekasi maupun Pengadilan Tinggi Agama Bandung, Jawa Barat belum ada yang mengabulkan gugatan pembatalan perkawinan Hilda.

Namun, keputusan itu kembali dipertanyakan setelah Kriss Hatta ditetapkan sebagai tersangka pemalsuan dokumen pernikahan dengan Hilda Vitria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.