Makan Kerang di Law of the Jungle, Artis Korea Lee Yeol Eum Jadi Tersangka di Thailand

Kompas.com - 06/07/2019, 17:48 WIB
Aktris Korea Selatan Lee Yeol Eum terlibat masalah hukum di Thailand karena berburu kerang yang dilindungi. AllkpopAktris Korea Selatan Lee Yeol Eum terlibat masalah hukum di Thailand karena berburu kerang yang dilindungi.
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Aktris asal Korea Selatan Lee Yeol Eum berurusan dengan hukum di Thailand. Ia menjadi tersangka mengonsumi kerang yang dilindungi di negara tersebut.

Lee Yeol Eum terlibat dalam dalam program "Law of the Jungle" ketika melakukan perbuatan melanggar hukum itu.

Shooting acara itu dilakukan di Taman Nasional Hat Chao Mai, Thailand, pada Maret lalu.

Episode yang ditayangkan pada 30 Juni lalu itu menunjukkan Lee Yeol Eum menangkap tiga kerang raksasa, sebuah spesies langka yang dilindungi. Bintang-bintang lain kemudian ikut memakan kerang tersebut.

Menurut Kepala Taman Nasional Hat Chao Mai, Narong Kongeiad, polisi menjadikan Lee sebagai tersangka, pada Rabu (3/7/2019). Ia dikenai pasal melanggar hukum karena berburu kerang raksasa itu.

Lee Yeol Eum terancam hukuman maksimal 4 tahun penjara dan denda hingga 40.000 bath.

“Yang bertanggung jawab adalah aktris yang menangkap kerang itu karena dia secara langsung melanggar hukum. Orang lain yang terlibat dalam kejadian itu juga bisa dikenai hukuman,” kata Narong Kongeiad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Law of the Jungle” ditayangkan sejak 2011. Dalam program itu, sekelompok pesohor dikirim ke lokasi terpencil untuk menguji kemampuan bertahan hidup mereka.

Stasiun televisi yang memproduksi program itu, SBS, sudah meminta maaf secara terbuka atas insiden itu. SBS meminta maaf karena melakukan shooting di taman nasional itu tanpa memahami aturan lokal.

Baca juga: Cerita Artis Indonesia dan Moge Tunggangannya

Namun menurut Narong, para produser “Law of the Jungle” sudah mendapat informasi tentang berbagai peraturan yang berlaku di taman nasional itu.

“Sumber daya laut di Hat Chao Mai tidak boleh ditangkap, diburu, atau pun dimakan,” kata Narong.

Baca juga: B.I Eks iKON Akan Dihilangkan dari Law Of The Jungle dan Grand Buda-Guest

“Para pemain dan kru memahami peraturan itu karena pengelola taman nasional sudah menginformasikan semua aturan sebelum shooting dimulai,” lanjut Narong.

Setelah episode makan kerang itu ditayangkan, acara itu mendapat protes dari warganet, terutama di Korea Selatan. Mereka bahkan menuntut program itu dihentikan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Allkpop
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.