Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muak, TV Kabel Disney Jawab Petisi yang Protes Halle Bailey Bintangi Live-action The Little Mermaid

Kompas.com - 08/07/2019, 13:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber People

KOMPAS.com - Ketika Disney mengumumkan bahwa penyanyi Halle Bailey akan bermain sebagai Ariel dalam remake film live-action animasi The Little Mermaid, beberapa warganet melayangkan protes.

Mereka tak setuju karakter Ariel diperankan oleh perempuan kulit hitam karena dinilai tak sesuai dengan penggambaran putri bawah laut itu yang berkulit putih berambut merah dalam animasinya pada 1989.

Beberapa bahkan melangkah lebih jauh dengan memulai petisi berjudul #NotMyAriel untuk membuat Disney mengganti pemeran Ariel dengan aktris kulit putih.

Muak dengan komentar-komentar itu, jaringan televisi kabel Disney, Freeform, menanggapinya dengan "Surat terbuka untuk Orang yang Malang, Jiwa yang Tidak Beruntung" yang mempermasalahkan pemilihan Bailey.

"Iya. Penulis asli The Little Mermaid adalah Denmark. Ariel ... adalah putri duyung. Dia tinggal di kerajaan bawah laut di perairan internasional dan bisa berenang di mana pun dia mau (walaupun itu sering membuat kesal Raja Triton, zaddy absolut). Tapi demi argumen, katakanlah Ariel juga orang Denmark," tulis akun Instagram FreeFrom, Minggu (7/7/2019).

Baca juga: 5 Fakta Halle Bailey, Pemeran Ariel dalam Live-action The Little Mermaid

"Putri duyung Denmark bisa berkulit hitam karena orang Denmark *orang* bisa berkulit hitam. Ariel dapat menyelinap ke permukaan kapan saja dengan teman-temannya Scuttle dan *ahem* Sebastian si kepiting asal Jamaikan (maaf, Flounder!). Orang-orang Denmark berkulit hitam, dan orang-orang ini, juga dapat *secara genetik*(!!!) memiliki rambut merah," tambah mereka.

Selain itu, Freeform juga mengingatkan orang-orang bahwa cerita dan karakter Ariel adalah karya fiksi.

"Jadi, setelah semua ini dikatakan dan dilakukan, dan kalian masih tidak dapat memahami bahwa memilih Halle Bailey yang luar biasa, sensasional, sangat berbakat, cantik adalah segalanya dibanding dia tidak terlihat seperti yang di kartun," tulis FreeForm.

Sebelumnya, sutradara live-action The Little Mermaid, Rob Marshall, mengumumkan bahwa Halle Bailey terpilih untuk memerankan tokoh Ariel si putri duyung.

“Setelah pencarian yang ekstensif, sangat jelas bahwa Halle memiliki kombinasi langka antara roh, hati, jiwa muda, kepolosan, dan substansi - ditambah suara nyanyian yang luar biasa - semua kualitas intrinsik yang diperlukan untuk memainkan peran ikonik ini,” kata Marshall.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

An open letter to the Poor, Unfortunate Souls: ______ #TheLittleMermaid #Ariel #MyAriel

A post shared by Freeform (@freeform) on Jul 6, 2019 at 6:16pm PDT

Baca juga: Perankan Ariel di The Little Mermaid, Halle Bailey Dapat Ucapan Selamat dari Halle Berry

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com