Kimi Hime: Saya Tidak Bisa Larang Anak-anak Tonton Konten YouTube Saya

Kompas.com - 25/07/2019, 10:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber game, Kimberly Khoe (29), mengatakan bahwa ia tidak bisa melarang anak-anak menonton konten yang dibuat olehnya pada akun Kimi Hime.

"Tentunya saya tidak bisa melarang anak-anak apabila mereka melihat konten saya," kata Kime dalam video berjudul "DEAR BAPAK PRESIDEN JOKO WIDODO...." yang dikutip Kompas.com pada kanal YouTube-nya, Kamis (25/7/2019).

"Di sini peran orangtua lebih diutamakan karena di sini peran orangtuanya harus mengawasi apa yang dimasukkan atau dicerna anak-anak mereka," sambung dia.

Kimi mengatakan bahwa konten-konten tayangan di YouTube tidak hanya dikonsumsi oleh anak-anak saja, melainkan untuk semua umur.

"Untuk anak-anak ada fitur YouTube Kids, di mana tayang di dalam hanya untuk anak-anak. YouTube semua umur dan golongan. Kami para konten kreator itu buat konten untuk menghibur," kata dia.

Baca juga: Polemik Konten YouTube Kimi Hime yang Dinilai Vulgar

Tangkapan layar akun Youtube Kimi Hime.Youtube Tangkapan layar akun Youtube Kimi Hime.
Terkait dengan kontennya yang dinilai vulgar hingga ada kontennya yang di-suspend oleh YouTube melalui permintan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kata Kime, ia menyayangkannya.

"Jadi blokir bukan solusi. Blokir lebih tepatnya, mencegah tapi enggak bisa menangani. Di luar itu internet sudah berhubung dengan banyak hal," kata Kime.

Adapun berdasarkan data statistik usia penonton akunnya, rata-rata usia terbesar penonton akun Kime adalah di rentang 18-24 tahun dengan persentasi 50 persen.

"Total dari penonton saya itu yang dibawah umur, 13-17 tahun itu hanya di sekitar 16 persen. Jadi kalau misalkan faktanya penonton saya kebanyakan anak-anak, itu salah," kata Kime.

Baca juga: Konten YouTube Dinilai Vulgar, Kimi Hime Buka Suara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.