3 Janji Cinta Laura sebagai Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Kompas.com - 29/07/2019, 18:14 WIB
Cinta Laura usai ditunjuk sebagai Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di gedung Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak, jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIACinta Laura usai ditunjuk sebagai Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di gedung Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak, jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditunjuk sebagai Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Cinta Laura telah memiliki beberapa misi untuk menjalankan tugas sosial tersebut.

Saat memberi sambutan di gedung Kementerian PPPA, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019), Cinta menekankan beberapa aspek untuk menekan angka kekerasan pada perempuan dan anak dalam tiga hal.

"Intinya ada tiga hal yang harus disosialisasikan, yaitu, satu, kekerasan merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia," kata Cinta.

Ia menjelaskan setiap manusia, baik lelaki maupun perempuan, dewasa atau pun anak-anak, tidak boleh menjadi korban maupun pelaku kekerasan.

"Setiap manusia berhak hidup secara baik serta diperlakukan secara adil dan setara," ucap Cinta.

Cinta menekankan peran keluarga harus diperkuat agar semua perempuan dan anak bisa diawasi dengan baik dan terhindar dari kekerasan.

"Kedua, keluargamu harus menjadi tempat nomor satu untuk mengadu, bercerita, meminta pendapat, bertanya, dan sebagainya. Bukan orang lain yang tidak tahu keseharianmu apalagi teman online (dunia maya). Mari jadikan keluargamu sahabatmu," ucap pemain film Gotham City Sirens ini.

Perempuan berusia 25 tahun ini juga menambahkan bahwa masyarakat harus memperlakukan para korban dengan semestinya, bukan justru mengucilkannya.

Cinta berpendapat seharusnya pelakulah yang mendapat sanksi dan tindakan agar menyadari bahwa apa yang dilakukannya amatlah fatal.

"Nomor tiga, perempuan dan anak jangan pernah merasa bersalah saat menjadi korban kekerasan apapun itu bentuknya," kata Cinta.

Baca juga: Cinta Laura Jadi Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Ini Motivasinya

"Kejadian buruk yang menimpa kita bukan karena kesalahan kita, entah itu karena cara berbusana, berteman, berkendara, pekerjaan, dan sebagainya, pelakulah yang punya masalah dan kebetulan kita yang menjadi korbannya," imbuhnya.

Dengan semua hal itu, Cinta berharap ke depan bisa menjadi duta yang bisa benar-benar menjalankan peran dan tugasnya semaksimal mungkin.

Baca juga: Cinta Laura Dinobatkan Jadi Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

"Semoga saya bisa jadi duta yang baik serta berguna bagi kemajuan dan kesejahteraan perempuan dan anak juga bagi Indonesia," ucapnya.

"Stop kekerasan terhadap perempuan dan anak, mari bersama lindungi perempuan dan anak Indonesia terima kasih," sambungnya.

Baca juga: Alasan Cinta Laura Ditunjuk Jadi Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X