Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Dipenjara, Iwan Fals Sembunyi-sembunyi Baca Novel Bumi Manusia

Kompas.com - 29/07/2019, 21:07 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi senior Iwan Fals yang dikenal dengan lagu-lagu bertema kritik sosial ternyata merupakan penggemar novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Salah satunya adalah novel berjudul Bumi Manusia yang merupakan bagian pertama dari roman tetralogi Pulau Buru.

Namun, kesukaan Iwan membaca novel karya Pramoedya harus dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

“Saya baca Tetralogi Buru semuanya, waktu itu bacanya masih sembunyi-sembunyi," ucap Iwan Fals dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (29/7/2019).

Hal itu karena novel Bumi Manusia dilarang beredar luas oleh pemerintah saat itu, pada era 1980-an. Di mana keadaan itu juga tidak jauh berbeda dari yang dirasakan Pramoedya Ananta Toer yang tidak disukai oleh pemerintah orde baru.

"Karena masih dilarang. Hanya karena baca bukunya Pak Pram saja, ketahuan, kita bisa di penjara waktu itu,” ujar Iwan Fals.

Suami dari Rosana ini mengaku berterima kasih pada Pramoedya Ananta Toer karena telah membuat berbagai buku yang mampu melecut pikirannya untuk terus berkarya dan mengkritik ketimpangan saat itu.

Baca juga: Alasan Hanung Pilih Bryan Domani Jadi Jan Dapperste di Bumi Manusia

Once Mekel, Iwan Fals, dan Fiersa Besari berpose saat jumpa pers tentang lagu Ibu Pertiwi yang menjadi tema lagu film Bumi Manusia di Gedung Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019).Kompas.com/Tri Susanto Setiawan Once Mekel, Iwan Fals, dan Fiersa Besari berpose saat jumpa pers tentang lagu Ibu Pertiwi yang menjadi tema lagu film Bumi Manusia di Gedung Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019).
“Saya berterima kasih pada Pak Pram karena sudah menemani masa muda saya dengan bacaan yang berisi semangat nasionalisme,” ucapnya.

"Pas baca pagi, tahu-tahu sudah sore, tahu-tahu sudah buka puasa. Tulisan Pak Pram sangat kuat. Tulisan Pram, juga membuat saya semangat menulis lagu

Kini, Iwan Fals mendapat kesempatan emas lantaran ia bukan lagi hanya sebagai pembaca setia, namun juga dipercaya untuk menjadi pengisi lagu tema atau original soundtrack versi layar lebar Bumi Manusia yang disutradarai Hanung Bramantyo.

Iwan Fals akan menyanyikan lagu patriotik karya Ismail Marzuki berjudul "Ibu Pertiwi" bersama Once dan Fiersa Besari.

Penyanyi lagu "Bento" ini merasa bangga bisa menjadi bagian kecil dalam karya Pram.

“Saya bangga bisa mengisi lagu dalam film Bumi Manusia,” ujar Iwan.

Film Bumi Manusia bersama film yang diangkat dari karya Pramoedya Anata Toer lainnya berjudul Perburuan, akan tayang serentak diseluruh bioskop di Indonesia pada 15 Agustus 2019.

Baca juga: Iwan Fals, Once, dan Fiersa Besari Nyanyikan Ibu Pertiwi untuk Bumi Manusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com