Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kimi Hime Batal Datangi Kemenkominfo, Mengapa?

Kompas.com - 02/08/2019, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- YouTuber Kimberly Khoe (29) atau lebih dikenal dengan nama akun Kime Hime batal mendatangi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yang sebelumnya dijadwalkan pada hari ini, Jumat (2/8/2019).

Kabar itu dikatakan oleh pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu atau lebih akrab disapa Nando, saat ditemui di Kantor Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat siang.

"Kimi Hime tidak jadi datang. Kami mau sampaikan Kementrian Kominfo beberapa waktu ini memang sudah melakukan pemanggilan, sudah ada komunkasi dan sudah ada niat baik," kata Nando.

Baca juga: Kominfo Anggap Vulgar, Kimi Hime Kini Unggah Video dengan Baju Tertutup

Nando menuturkan, Kimi telah menurunkan sendiri konten-kontennya yang dianggap Kemenkominfo vulgar.

"Soal pertemuan itu gampang bisa diatur di lain hari, dan yang paling penting Kimi Hime sudah melakukan take down terhadap beberapa konten yang kami nilai mengandung unsur vulgar yang berlebihan pada akun Youtube dan Instagramnya," tutur Nando.

Dengan demikian, Nando menambahkan, pembinaan terhadap akun Kimi Hime dianggap selesai.

"Jadi isu dengan pembinaan konten terhadap akun Kimi Hime, kemudian Kominfo anggap selesai," tambahnya.

Baca juga: Janji Temui Rudiantara, Apa yang Akan Disampaikan Kimi Hime?

Tangkapan layar akun Youtube Kimi Hime.Youtube Tangkapan layar akun Youtube Kimi Hime.

Sebelumnya diberitakan, nama Kime Hime mengemuka setelah menjadi pembahasan dalam sebuah rapat Komisi I DPR RI dengan Kominfo pada pekan ketiga Juli 2019 lalu.

Beberapa konten-konten Kimi dinilai terlalu vulgar. Kominfo menindaklanjuti pembahasan itu dengan menghubungi Kimi melalui surat elektronik, termasuk meninggalkan pesan di media sosial.

Kemkominfo kemudian mengambil langkah dengan men-suspend tiga konten dan membatasi enam konten secara umur di atas 18 tahun terhadap akun Kimi.

Konten-konten itu terpaksa ditangguhkan karena bertentangan dengan pasal 27 ayat 1 UU ITE tentang penyebaran muatan yang melanggar kesusilaan.

Setelah 4 hari tidak merespons, hari kelima kuasa hukum Kime menghubungi Kemkominfo dan bersedia memenuhi pemanggilan pada Senin (29/7/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+