Polo: Yang Membahagiakan, Nunung Ikhlas Terima Semuanya

Kompas.com - 09/08/2019, 16:54 WIB
Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (depan) dan July Jan Sambiran (belakang) menangis saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Komedian Srimulat dan suaminya itu ditangkap pihak kepolisian dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYTersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (depan) dan July Jan Sambiran (belakang) menangis saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Komedian Srimulat dan suaminya itu ditangkap pihak kepolisian dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Srimulat Christian Barata Nugroho atau Polo mengatakan, rekan sejawatnya komedian Tri Retno Prayudati atau  Nunung sudah ikhlas menerima kasus hukum yang kini menjeratnya. 

Nunung terjerat kasus dugaan penyalahgunaan narkoba setelah tertangkap tangan mengonsumsi sabu.

"Yang lebih membahagiakan rupanya Mbak Nunung sudah ikhlas menerima semuanya (hukumannya)," ujar Polo dalam diskusi di kawasan Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2019).

Baca juga: Mantan Kepala BNN: Nunung Bersalah atau Tidak Hukumannya Rehabilitasi

Ia mengatakan, Nunung sudah siap menjalani rehabilitasi akibat penyalahgunaan narkoba.  

"Dan akan secara tabah menjalani proses hukum sesuai dengan aturan hukum yang sesuai dengan porsinya. Itu saja," ucapnya.

Sebagai seorang sahabat yang tumbuh besar bersama dalam grup lawak Srimulat, Polo ingin Nunung divonis rehabilitasi atas kasusnya itu.

Baca juga: Asesmen BNN Sudah Keluar, Nunung Akan Direhabilitasi?

Komedian Polo dalam sebuah diskusi di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2019).KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Komedian Polo dalam sebuah diskusi di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2019).
"Kalau memang kita mau menyosialisasikan hukum itu sebagaimana adanya, sebagaimana porsinya. Penyalahgunaan itu tetap harus direhabilitasi," ujar Polo.

Apabila ternyata nantinya proses hukum mengantarkan Nunung ke jeruji besi, lanjut Polo, ia dan rekan-rekan lainnya yang pernah mengalami hal serupa akan memberi bantuan pada Nunung.

"Secara moral ya pastinya kita akan menyuarakan hak-hak kita, apalagi seperti saya yang pernah mengalami hal yang sama dan serupa, kita pasti akan menyayangkan kenapa masih ada penyalahgunaan narkotika yang dipenjara," katanya. 

Baca juga: Nunung Tertangkap Narkoba, Agum Gumelar Berasa Tersambar Petir

Sebelumnya, Nunung bersama suaminya, July Jan Sambiran, ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya atas dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019) pukul 13.15.

Dalam pengeledahan, polisi mengamankan barang bukti berupa satu klip sabu seberat 0,36 gram.

Hasil tes urine menyatakan Nunung dan suaminya positif menggunakan narkotika.

Nunung mengaku pernah mengonsumsi narkoba pada 20 tahun lalu.

Baca juga: Nunung Tes Rambut, Terungkap Berapa Lama Pakai Sabu

Sejak menjalani rehabilitasi, Nunung berhasil berhenti selama puluhan tahun hingga akhirnya kembali mamakai narkoba pada Maret 2019.

Nunung bersama suaminya dikenakan Pasal 114 Ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 Ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 atau 29 tentang Narkotika.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X