Banyak Penggemar Remaja, Apa Kata Iqbaal Ramadhan Bumi Manusia Dapat Klasifikasi 17 Tahun ke Atas?

Kompas.com - 13/08/2019, 11:17 WIB
Adegan Anelis (Mawar de Jongh) dan Minke (Iqbaal Ramadhan) dalam film Bumi Manusia. DOK. FALCON PICTURESAdegan Anelis (Mawar de Jongh) dan Minke (Iqbaal Ramadhan) dalam film Bumi Manusia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Iqbaal Ramadhan memiliki banyak penggemar dari kalangan usia remaja bahkan di bawah 17 tahun.

Namun film yang dibintanginya, Bumi Manusia, mendapat klasifikasi 17 tahun ke atas dari Lembaga Sensor Film (LSF).

Karena itu Iqbaal akan mencoba menjelaskan kepada penggemarnya yang ingin menonton film Bumi Manusia.

"Kalau untuk protes sejauh ini belum ada. Kalau pun dapat protes nanti, mungkin gua akan mencoba membantu menjelaskan kali ya," kata Iqbaal di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin malam (13/8/2019).

Iqbaal juga berharap bantuan dari penggemarnya yang berada di usia 17 tahun dan pernah membaca novel Bumi Manusia untuk membantunya.

Menurut Iqbaal, materi bukunya sendiri memang cukup berat dan ada hal yang membuat LSF memasukkannya ke dalam kategori 17 tahun ke atas

"Ini bukan karena kemauan kami, memang karena bukunya, LSF juga, ini yang terbaik kami bisa kasih. Ini, kan, kebijakan yang sudah dilakukan sama sensor film di Indonesia. Dan sudah di-approved sama production house," kata dia.

Iqbaal mengaku memahami dan menerima putusan LSF. Ia sadar mengapa rumah produksi Falcon Pictures juga menerima putusan LSF tersebut.

"Kalau kami memaksakan demi jumlah penonton, demi kepuasan penonton lalu rating-nya diturunkan ke 13 tahun, gua takutnya gua malah mengecewakan Pram dan keluarganya. Karena esensi-esensi dari bukunya banyak yang harus dipotong kalau memang harus turunin rating-nya," kata dia.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Belajar Bahasa Belanda hingga Terbawa Mimpi dan Mengigau

Iqbaal tidak khawatir jumlah penonton Bumi Manusia tidak banyak karena kehilangan pasar penonton remaja.

"Gua percaya ini yang terbaik, pasar bisa dibentuk, gua rasa kenapa alasannya 17 tahun ke atas sudah jelas sih. Bukan karena kami mencoba untuk membatasi, kami memang berharap 13 ke atas, tapi kita juga tidak memaksa dan ikut aja," kata Iqbaal.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Minta Kesakitan Fisik Saat Syuting Bumi Manusia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X