Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Andien Aisyah Merinding Saat Nyanyi di Luar Negeri

Kompas.com - 16/08/2019, 20:53 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah berbicara tentang rasa nasionalisme dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Andien mengaku sebagai orang yang sangat nasionalis. Bahkan, rasa nasionalisme itu begitu bergetar saat Andien bernyanyi di luar negeri.

"Aku pribadi jujur merasa sangat nasionalis. Ketika aku mewakilkan Indonesia untuk menyanyi di luar negeri gitu, itu yang aku merasa kayak merinding sendiri," kata Andien di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Andien merasa hal itu muncul dari lubuk yang paling dalam. Sebagai penyanyi, kata Andien, rasa nasionalisme bisa ditunjukan dengan karya-karyanya.

Baca juga: Andien Aisyah Kangen Ikut Lomba 17 Agustus

"Nasionalisme ini erat hubungannya dengan karya. Jadi karya yang seperti apa yang bisa kita berikan untuk negeri, dan kemudian bisa bermanfaat untuk orang lain, ternyata kita sudah menjadi orang yang nasionalis," kata dia.

Sebab karya itu, lanjut Andien, punya dampak yang luas dalam memengaruhi khalayak banyak.

"Kalay karya itu bisa membawa ke hal yang positif, tidak menyeret orang anarkis, atau negatif dan membuat bunuh diri. Saya rasa mereka yang berkarya sudah bisa memberikan dampak positif untuk negeri ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com