Cerita Andien Aisyah Merinding Saat Nyanyi di Luar Negeri

Kompas.com - 16/08/2019, 20:53 WIB
Andien di panggung BNI Music Project with Ron King Horn Section dalam Java Jazz Festival hari kedua di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGAndien di panggung BNI Music Project with Ron King Horn Section dalam Java Jazz Festival hari kedua di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah berbicara tentang rasa nasionalisme dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Andien mengaku sebagai orang yang sangat nasionalis. Bahkan, rasa nasionalisme itu begitu bergetar saat Andien bernyanyi di luar negeri.

"Aku pribadi jujur merasa sangat nasionalis. Ketika aku mewakilkan Indonesia untuk menyanyi di luar negeri gitu, itu yang aku merasa kayak merinding sendiri," kata Andien di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Andien merasa hal itu muncul dari lubuk yang paling dalam. Sebagai penyanyi, kata Andien, rasa nasionalisme bisa ditunjukan dengan karya-karyanya.

Baca juga: Andien Aisyah Kangen Ikut Lomba 17 Agustus

"Nasionalisme ini erat hubungannya dengan karya. Jadi karya yang seperti apa yang bisa kita berikan untuk negeri, dan kemudian bisa bermanfaat untuk orang lain, ternyata kita sudah menjadi orang yang nasionalis," kata dia.

Sebab karya itu, lanjut Andien, punya dampak yang luas dalam memengaruhi khalayak banyak.

"Kalay karya itu bisa membawa ke hal yang positif, tidak menyeret orang anarkis, atau negatif dan membuat bunuh diri. Saya rasa mereka yang berkarya sudah bisa memberikan dampak positif untuk negeri ini," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X