Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Semangka Minta Maaf Sudah Bikin Resah Orangtua

Kompas.com - 22/08/2019, 17:24 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Personel Duo Semangka, Variola May, meminta maaf kepada masyarakat khususnya kepada orangtua anak-anak di Indonesia yang merasa resah dengan konten videonya karena dinilai tidak patut dan menyalahi asas kesusilaan.

"Saya pribadi minta maaf yang sebesar-besarnya. Sebagai personel, saya tidak merasakan keberatan (mendapatkan protes)," kata Variola di kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

"Ini akan jadi pembelajaran ke depannya untuk kami agar berhati-hati dan menghibur dengan cara yang lebih positif," sambungnya.

Baca juga: KPAI Panggil Duo Semangka karena Video Mantul-mantul

Personel lainnya, Clara Gopa, juga meminta maaf dan memetik hikmah atas kejadian ini. Ke depannya, kata dia, Duo Semangka akan lebih berhati-hati dan akan lebih sopan dalam berpenampilan.

"Saat itu, pikiran kami (merekam video tidak patut) karena belum disorot media. Tapi, Duo Semangka sudah dikenal. Image seksi tetap ada, tapi soal kevulgaran kami akan mulai tertutup," kata Clara.

Adapun, KPAI memanggil Duo Semangka karena menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang notabene adalah para orangtua.

Baca juga: Bertemu KPAI, Duo Semangka Diminta Patuhi Asas Kesusilaan

"Ada keluhan dari masyarakat bahwa ada beberapa konten dari Duo Semangka yang tidak sesuai asas kesusilaan," kata Komisioner KPAI Bidang Pornografi dan Cyber Crime Margaret Aliyatul Maimunah.

Dari pertemuan tersebut, ada kesepakatan-kesepakatan yang terjalin. Di antaranya adalah KPAI meminta agar aktivitas seni Duo Semangka diperhatikan sesuai dengan asas kesulitan dan kepatutan.

Selain itu, KPAI akan terus memantau apabila Duo Semangka melanggar kesepakatan yang sudah dijalani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com