KPAI Minta Kominfo Hapus Video Tak Pantas Duo Semangka di YouTube

Kompas.com - 22/08/2019, 19:13 WIB
Duo Semangka menyambangi kantor KPAI di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanDuo Semangka menyambangi kantor KPAI di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) akan menyurati Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) untuk menghapus video-video Duo Semangka di YouTube yang dinilai melanggar asas kesusilaan.

"Kami akan melanjutkan tindakan, kami akan memberikan klarifikasi juga kepada YouTube. Kami akan bersurat kepada Kominfo untuk memblok konten yang tidak pantas," ujar Ketua KPAI Susanto di Kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019) malam.

Hal ini dilakukan setelah KPAI menerima aduan masyarakat, khususnya para orangtua.

Baca juga: Duo Semangka Minta Maaf Sudah Bikin Resah Orangtua

Susanto mengatakan, orangtua mengeluhkan konten Duo Semangka di YouTube dinilai tidak pantas, tidak patut, dan tidak sesuai asas kesusilaan.

KPAI ingin Duo Semangka mengubah penampilannya saat berkreasi membuat konten.

Sebab, menurut dia, perilaku yang diperlihatkan Duo Semangka juga tidak sejalan dengan komitmen pemerintah.

Baca juga: Bertemu KPAI, Duo Semangka Diminta Patuhi Asas Kesusilaan

"Kami panggil untuk menyelaraskan Duo Semangka dengan komitmen pemerintah yang harus memiliki karakter yang baik," kata Susanto. 

"Kami harap ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Duo Semangka, tetapi, pihak manajemen juga agar demi kebaikan bersama," ujar Susanto lagi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X