Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelaskan Kondisi HR, Elvy Sukaesih dan Dua Putrinya Menangis

Kompas.com - 14/09/2019, 21:47 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Elvy Sukaesih bersama kedua anaknya, Fitria dan Dhawiyah, berlinang air mata saat menjelaskan penyakit yang diderita oleh putra sulung Elvy berinisial HR.

Ditemui di kediamannya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019), Fitria mengatakan, selama ini keluarganya hanya tahu bahwa HR mengalami depresi. Mereka baru tahu bahwa penyakit kejiwaan HR adalah skizofrenia.

"Kita juga baru tahu terus terang saja. Kita tahunya selama ini depresi, tertekan. Kita enggak pernah tahu, apa yang diidap sama dia," kata Fitria dengan mata berkaca-kaca.

Namun Fitria membantah anggapan kakaknya gila. Secara medis, HR disebut menderita skizofrenia yang sebenarnya bisa diatasi dengan meminum obat dengan rutin.

"Kalau dibilang orang yang hilang ingatan, sakit jiwa, HR tidak begitu. Masih shalat masih semua, dia juga tidak gila. Dia bisa semua," ungkap Fitri sambil menangis.

"Aku enggak terima dia dibilang orang gila. Dia juga bilang 'ane enggak gila'," imbuh Elvy yang juga berlinang air mata.

Baca juga: HR Ngamuk Rusak Warung, Keluarga Elvy Sukaesih Kaget

Sebelumnya Fitria dan Elvy menjelaskan bahwa HR sebenarnya pernah dirawat untuk mengatasi penyakitnya.

"Beberapa waktu yang lalu memang pernah dirawat namun dinyatakan bisa kembali dan bersosialisasi normal. Artinya dinyatakan sembuh," kata Fitria.

Fitria menambahkan setelah dinyatakan sembuh HR menolak minum obat dan marah saat diminta berkonsultasi lagi dengan dokternya.

"Namun beberapa bulan ini menolak minum obat dan enggak mau ke dokter. Bahkan ngancam, sampai (bilang) istrinya 'saya ceraikan kamu'. Kita mengalami dilema dan kesulitan. Kita pengin HR cepat berobat," tutur Fitria.

Baca juga: Elvy Sukaesih Sebut Putranya Idap Skizofrenia

Elvy mengaku pernah membujuk HR untuk kembali menjalani pengobatan, namun HR selalu menolak.

Pada Kamis (12/9/2019) pukul 19.30 WIB, HR mengamuk dan sempat menyerang Junaedi, seorang pemilik warung di dekat rumahnya.

Awalnya, HR menyuruh asisten rumah tangganya berutang tiga bungkus rokok di warung  Junaedi. Namun, rokok hanya tersedia satu bungkus.

Baca juga: Keluarga Sebut Anak Elvy Sukaesih yang Rusak Warung Pernah Dirawat di RS Jiwa

Mengetahui tidak diberi rokok, HR datang kembali ke warung itu dengan membawa pedang dan menyerang Junaedi serta menghancurkan barang di sekitar warung.

Junaedi melarikan diri setelah diserang dan dilempar pecahan kaca.

Polisi tiba di lokasi kejadian pada pukul 21.30 WIB dan mengamankan HR di rumahnya. HR kemudian ke Rumah Sakit Jiwa Duren Sawit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com