Kisah Erwin Gutawa Rekaman di Studio Orkestra Tertua di Vienna

Kompas.com - 23/09/2019, 21:51 WIB
Musisi Erwin Gutawa bersama Vadi Akbar dan ayah Vadi, Harry Kiss. Dokumentasi Erwin GutawaMusisi Erwin Gutawa bersama Vadi Akbar dan ayah Vadi, Harry Kiss.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komposer Erwin Gutawa baru-baru ini menyelesaikan rekaman album di studio Synchron Stage Orchestra Vienna, Austria.

Menurut Erwin, tempat tersebut merupakan studio orkestra rekaman terbaik di dunia.

Dalam rekaman itu, Erwin mengajak penyanyi muda Vadi Akbar, adik penyanyi Vidi Aldiano.

Rekaman dua musisi Indonesia ini juga melibatkan 60 musisi pimpinan Synchron Stage Orchestra, Johannes Vogel.

Baca juga: Erwin Gutawa: Musik Berpotensi Membentuk Karakter

"Kami satu satunya musisi Indonesia yang mendapat kesempatan bisa rekaman di studio orkestra terbaik di dunia. Studio ini sudah ada sejak tahun 1940. Saat mengisi buku tamu yang antik, kami terharu bisa bersanding dengan nama-nama besar dunia seperti Hans Zimmer," ujar Erwin Gutawa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/9/2019).

Erwin mengatakan, para pemain orkestra di Vienna memiliki kualitas di atas rata-rata.

Hal itulah yang menjadi alasan dirinya terbang ke Austria demi rekaman album.

Baca juga: Erwin Gutawa Berharap Musik Masuk Kurikulum Pendidikan di Indonesia

"Begitu disodori partitur, mereka langsung jreng. Main dengan sempurna tanpa perlu latihan. Tak heran bila dalam waktu empat jam kami bisa menyelesaikan rekaman orkestra yang rumit," ujar Erwin Gutawa.

Sementara itu, Harry Kiss, ayahanda Vadi Akbar mengatakan, dalam rekaman tersebut Vadi Akbar dan Erwin Gutawa memilih sejumlah lagu seperti Ingin Kumiliki (ciptaan Tohpati/ Harry Kiss), Melati Suci (ciptaan Guruh Soekarno Putra), Satu Jam Saja (ciptaan Sylvia M.T), dan Cloud and Seagul (ciptaan Harry Kiss), juga lagu Selendang Sutra (ciptaan Ismail Marzuki).

"Lagu Selendang Sutra, ciptaan Ismail Marzuki, digarap dalam format orkestra bossas. Rencananya akan dinyanyikan duet dengan almarhum Eyang Darsih yang merupakan nenek dari Vadi Akbar dan Vidi Aldiano," ujar Harry Kiss.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X