Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Iwa K Jadi Inspirasi Film Bebas, Mira Lesmana Ungkap Alasannya

Kompas.com - 24/09/2019, 15:43 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Miles Film Mira Lesmana mengungkapkan bahwa judul film terbaru yang dia garap bersama Riri Riza berasal dari lagu "Bebas".

Menurut Mira, lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi Iwa K itu cocok untuk menggambarkan keseluruhan dari adaptasi film Korea berjudul Sunny itu.

"Kalau soal lagu 'Bebas' sendiri itu yang menurut kami paling enak secara spirit, kalau saya pribadi menulis ini langsung harus mikirin judul," kata Mira saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Selasa (24/9/2019).

"Dan harus mikirin apa lagu utamanya dan berulang kali memang 'Bebas' yang terus terngiang," sambungnya.

Baca juga: Karakter Perempuan di Sunny Berubah Jadi Lelaki di Film Bebas

Mira menuturkan, awalnya banyak yang merasa judul itu kurang sedap didengar, namun dia dan Riri tetap percaya bahwa lagu itu bisa mewakili filmnya.

"Nanya ke Riri, 'gimana ya kalau lagu 'Bebas' ini jadi judul film'. Beberapa ada punya kecenderungan 'Kok judulnya aneh sih, masa bebas'," ucap Mira.

"Cuma ya saya punya keyakinan sih. Saya dan Riri sering bilang nanti kalau lagunya sudah keluar, orang pasti nyambung," ujarnya lagi.

Mira melanjutkan, lagu "Bebas" juga dirasa cocok cukup mewakili kondisi yang sedang berkembang di zaman itu, yakni era 1995-1996.

Baca juga: 4 Cerita Menarik di Balik Syuting Film Bebas

"Mungkin kalau di awal kayak apa sih. Tapi kalau secara film spirit itu yang memang 95 begitu sih kebebasan itu sedang pelan-pelan mencuat," ucap Mira.

"Baik dari musisi penyanyi penulis atau dari aktivis-aktivis 95 itu semua kepengin bebas bicara. Cocok. Nyari lagu dulu jadi dari lagu terebut akan jadi judul film," lanjutnya.

Film Bebas sendiri mengisahkan dua era berbeda, yakni masa remaja dan dewasa dari Geng Bebas, sebuah kelompok pertemanan yang terdiri dari enam pelajar SMA.

Bebas direncanakan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 3 Oktober 2019 mendatang.

Baca juga: Syifa Hadju Stres Main Film Bebas, Kenapa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com