Matt Damon Kehilangan Rp 3,5 Triliun karena Tolak Film Avatar

Kompas.com - 02/10/2019, 14:10 WIB
Aktor Matt Damon tiba di perhelatan Academy Awards ke-88 di Hollywood, California, Minggu (28/2/2016). AFP PHOTO / VALERIE MACONAktor Matt Damon tiba di perhelatan Academy Awards ke-88 di Hollywood, California, Minggu (28/2/2016).

KOMPAS.com - Filmografi Matt Damon tak diragukan lagi kualitas dan kepopulerannya. Dari film pemenang penghargaan seperti Good Will Hunting dan The Martian ke box office seperti The Great Wall dan Downsizing.

Ternyata, daftar itu hampir termasuk salah satu film terlaris sepanjang masa, yakni Avatar. Mengapa nyaris?

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan GQ Inggris, Damon mengungkapkan bahwa ia pernah menolak peran utama dalam Avatar karya sutradara James Cameron, yang akhirnya jatuh ke bintang Clash of the Titans, Sam Worthington.

Padahal ketika itu, Cameron juga menawarkan 10 persen dari keuntungan film Avatar kepada Damon.

Baca juga: Matt Damon Siap Digantikan Aktor Muda untuk Peran Jason Bourne

"Cameron menawari saya Avatar. Dan ketika dia menawarkannya kepada saya, dia berkata, 'Sekarang, dengarkan. Jika kau tidak mengambil ini, saya akan pergi untuk menemukan aktor yang tidak dikenal dan memberikannya kepadanya, karena film itu tidak benar-benar membutuhkanmu'," ujar Damon mengulang perkataan Cameron kepadanya.

"Tetapi jika kau ambil bagian, saya akan memberimu sepuluh persen dari ...' Jadi, mengenai masalah uang ...," tambahnya.

Avatar rupanya sukses menghasilkan keuntungan sebesar 2,79 miliar dolar AS atau Rp 39,5 triliun di box office global, ini berarti bahwa Damon secara hipotetis dapat menghasilkan 250 juta dolar AS atau Rp 3,5 triliun jika ia mengambil peran utama Avatar.

"Aku menceritakan kisah ini kepada John Krasinski ketika kami menulis Promised Land. Kami sedang menulis di dapur dan kami sedang istirahat dan saya menceritakan kisahnya dan dia berkata, 'Apa?' dan dia berdiri dan dia mulai mondar-mandir di dapur. Dia berkata, 'Oke. Oke. Oke, oke, oke'," kata Damon.

Baca juga: Avengers: Endgame Gulingkan Avatar, Russo Brothers Tulis Pesan untuk Penggemar

"Dia berkata, 'Jika kau telah membuat film itu, tidak ada dalam hidupmu yang akan berbeda. Kecuali itu, saat ini, kita akan melakukan percakapan ini di ruang angkasa'. Jadi, ya. Saya menolak lebih banyak uang daripada aktor mana pun sebenarnya," tambahnya.

Menurut Damon, saat tawaran itu datang, ia tengah mengerjakan proyek film Bourne dan tak tega meninggalkannya.

"Maksudku, hal yang lebih besar sampai hari ini, penyesalan terbesarku adalah - itu akan menyebabkan masalah bagi Paul Greengrass dan untuk semua teman-temanku di The Bourne Ultimatum, jadi aku tidak bisa menerima tawaran itu," katanya.

"Tetapi Cameron berkata kepadaku dalam percakapan itu, 'Yah, kau tahu, saya hanya membuat enam film'. Saya tidak menyadarinya. Ia jarang bekerja, tetapi filmnya, kalian tahu semuanya. Jadi rasanya dia menghasilkan lebih dari yang dia miliki. Sangat menyebalkan.Tapi anak-anak saya semua bisa makan. Jadi, saya baik-baik saja," imbuh Damon.

Baca juga: James Cameron Ucapkan Selamat kepada Avengers: Endgame karena Kalahkan Avatar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Comicbook
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X