Kartika Putri Alami Dilema Saat Akan Lahirkan Bayinya di Rumah

Kompas.com - 22/10/2019, 10:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Artis peran Kartika Putri mengaku sangat bahagia saat tahu proses bersalinnya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kemauannya.

Sebab, sejak awal Kartika menginginkan untuk bisa melahirkan di rumah dengan bantuan bidan dan tim medis yang sudah mengetahui kondisinya.

Baca juga: Kartika Putri Curhat soal Kondisi Kehamilannya pada Ruben Onsu

“Akhirnya lahir baby-nya sehat sempurna, proses sangat dimudahkan, saking mudahnya bisa di rumah. Aku niat di rumah, dari awal pengin di rumah,” ujar Kartika dalam jumpa pers di kediamannya di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019) malam.

Mulanya, Kartika sempat cemas keinginannya untuk melahirkan dengan proses normal di rumah tidak bisa terwujud.

“Dari awal hamil pengin water birth, tapi karena cacar air sempat dilema baby ready enggak ya kalau di rumah. Karena fasilitasnya kan enggak memadai,” ujar Kartika.

Baca juga: Kartika Putri Curhat soal Kondisi Kehamilannya pada Ruben Onsu

Akhirnya Kartika melakukan pemeriksaan lengkap demi mendapatkan kepastian terkait kondisi kandungannya.

“Sampai akhirnya check-up, cek NIPT (Non-Invasive Prenatal), kromosom baby, ventra anomali, semua cek di Singapura, bukan enggak percaya sama di sini, tapi NIPT di sini belum ada,” kata Kartika.

Hasil pemeriksaan kemudian menyatakan bahwa Kartika siap melahirkan di rumah dengan catatan harus didampingi oleh tim medis dan alat-alat yang memadai.

Baca juga: Selamat! Kartika Putri Melahirkan Bayi Perempuan

“Alhamdulillah bahagia luar biasa, ibunya sehat, anak sehat selamat. Satu hal yang enggak dibayangin karena lahirnya di kamar,” kata sang suami Habib Usman bin Yahya.

Kartika Putri melahirkan anak pertamanya pada Jumat (18/10/2019) pukul 04.27 WIB subuh.

Putri yang diberi nama Syarifah Khalisa Agnia Bahira itu lahir dengan berat 3,35 kilogram dan panjang 51 sentimeter.

Baca juga: Cerita Kartika Putri Melahirkan di Rumah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.