5 Fakta Film Ratu Ilmu Hitam, Karya Duet Joko Anwar dan Kimo Stamboel

Kompas.com - 05/11/2019, 12:07 WIB
Jumpa pers rilis poster dan trailer Ratu Ilmu Hitam di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAJumpa pers rilis poster dan trailer Ratu Ilmu Hitam di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Film horor Indonesia legendaris Ratu Ilmu Hitam (1981) akan dibuat ulang oleh Kimo Stamboel (sutradara) dan Joko Anwar (penulis skenario).

Menurut rencana, film ini akan tayang di bioskop Indonesia pada Kamis, 7 November 2019.

Pada Senin (4/11/2019), Kompas.com menghadiri jumpa pers dan screening film Ratu Ilmu Hitam di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kompas.com merangkum lima fakta film Ratu Ilmu Hitam, sebagai berikut:

Baca juga: Kimo Stamboel Ungkap Beda Ratu Ilmu Hitam 1981 dan 2019

1. Daur ulang film horor ikonik Indonesia

Pertama tayang pada 1981, Ratu Ilmu Hitam jadi film horor ikonik Indonesia hingga sekarang.

Kala itu, Lilik Sudijo menjadi sutradara dan mendiang Suzzanna menjadi bintang utamanya. Ada pula artis peran Alan Nuari, WD Mochtar, Teddy Purba, dan Sofia WD.

Tercatat, film ini juga berhasil menyabet lima nominasi dalam Festival Film Indonesia 1982, yaitu aktris terbaik (Suzanna), pemeran pembantu terbaik (WD Mochtar), penyunting terbaik, penata artistik terbaik, dan sinematografi terbaik.

Baca juga: Remake Ratu Ilmu Hitam, Putri Ayudya: Kami Tak Mau Meniru Suzzanna

Film ini bahkan beredar secara internasional. Di Amerika, Ratu Ilmu Hitam tayang dengan judul Queen of Black Magic. Juga berjudul Excorcisme Noir di Prancis.

Ratu Ilmu Hitam sendiri berkisah tentang perempuan bernama Murni yang dituduh sebagai sumber kekacauan sebuah desa, hingga akhirnya ia dibuang ke jurang.

Namun seorang dukun menyelamatkannya dan menjadikannya sakti dengan bekal ilmu hitam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X