Keberanian Tashoora, Band yang Melek Isu Sosial

Kompas.com - 05/11/2019, 19:06 WIB
Personil grup band Tashoora, Gusti Arirang, Dita Permatas dan Danang Joedodarmo (kiri ke kanan) berpose saat media visit ke Menara Kompas, Palmerah, Selasa (5/11/2019). Mereka baru saja meluncurkan album pertama mereka yang bertajuk Hamba Jaring Cahaya, Hamba Bela Gelapnya. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESPersonil grup band Tashoora, Gusti Arirang, Dita Permatas dan Danang Joedodarmo (kiri ke kanan) berpose saat media visit ke Menara Kompas, Palmerah, Selasa (5/11/2019). Mereka baru saja meluncurkan album pertama mereka yang bertajuk Hamba Jaring Cahaya, Hamba Bela Gelapnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tashoora, grup band asal Yogyakarta baru saja merilis album perdana mereka Hamba Jaring Cahaya, Hamba Bela Gelapnya di bawah naungan Juni Records.

Pada album ini, Tashoora muncul dengan tiga personelnya Gusti Arirang (vokal, gitar), Danang Joedodarmo (vokal, bass), dan Dita Permata (vokal, kibor, akordeon).

Tashoora bisa dibilang band yang berani karena lirik-lirik lagunya berisi kritik atas isu-isu sosial di masyarakat.

Band yang diambil dari nama jalan di Yogyakarta ini pun tak ambil pusing soal genre musik mereka.

Tak ada genre tetap

Dasarnya, tak ada konsep khusus yang dilakoni Tashoora. Namun yang pasti, mereka memperlakukan vokal sebagai instrumen.

Baca juga: Tashoora Rilis Album Pertama Hamba Jaring Cahaya, Hamba Bela Gelapnya

“Satu, kita memperlakukan vokal sebagai instrumen. Terus yang kedua, kita bermusik, bermusik aja sih. Enggak pernah disusun ‘oke kita mau bikin yang kayak gini, kayak gitu’,” kata Gusti.

Oleh karena itu, Tashoora juga tidak menentukan satu genre tetap seperti grup band pada umumnya.

“Belum sih, belum kepikiran (menentukan satu genre), tidak pernah,” ucap Danang, sang vokalis dan gitaris.

“Mungkin main dangdut di album selanjutnya?” timpalnya.

Baca juga: Album Baru Tashoora: Pengingat untuk Tetap Jadi Manusia

Tiga personil Tashoora (dari kiri) Dita Permatas, Danang Joedodarmo, dan Gusti Arirang saat press conference peluncuran album Tashoora, Hamba Jaring Cahaya, Hamba Bela Gelapnya pada Rabu (30/10/2019) di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/SARAH SEKAR LARASATI Tiga personil Tashoora (dari kiri) Dita Permatas, Danang Joedodarmo, dan Gusti Arirang saat press conference peluncuran album Tashoora, Hamba Jaring Cahaya, Hamba Bela Gelapnya pada Rabu (30/10/2019) di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X