Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tiongkok Batalkan Konser Bon Jovi di Beijing dan Shanghai

Kompas.com - 09/09/2015, 16:21 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis

Sumber VOA News
BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah Tiongkok membatalkan konser pertama Bon Jovi di negara itu. Beberapa media luar negeri mengabarkan bahwa pembatalan itu berhubungan dengan dukungan band rock dari AS tersebut terhadap Dalai Lama.

Konser Bon Jovi yang dijadwalkan akan diselenggarakan minggu depan di Beijing dan Shanghai, Tiongkok, tersebut dibatalkan karena "beberapa alasan". Hal itu disampaikan oleh pihak promotor konser itu, AEG, melalui media sosial Weibo Chinese.

Pada Selasa (8/9/2015) waktu setempat, The Financial Times memberitakan bahwa keputusan itu dikeluarkan setelah kementerian kebudayaan negara tersebut mengetahui bahwa dalam sebuah video, Bon Jovi terlihat menggunakan gambar Dalai Lama untuk latar belakang panggung mereka di Taiwan pada 2010.

BBC juga menyatakan bahwa konser itu dibatalkan oleh pihak Pemerintah Tiongkok. Pemerintah negara itu menganggap Dalai Lama sebagai pihak separatis yang berbahaya. Pemerintah Tiongkok kerap membatalkan rencana konser para penampil internasional yang akan hadir jika mereka mendukung pihak separatis.

Awal musim panas tahun ini, band pop Maroon 5 juga tak jadi manggung di Shanghai. Banyak yang berpikiran bahwa hal itu terjadi karena sebelumnya Maroon 5 mengucapkan selamat ulang tahun kepada Dalai Lama melalui Twitter. Bjork dan Linkin Park juga mengalami hal yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com