Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walau Galau, Balawan Tak Lelah Promosikan Indonesia

Kompas.com - 29/05/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah tampil dalam konser dan produksi film Bali: Beats of Paradise yang diprakarsai Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, Amerika Serikat, bersama sutradara Livi Zheng, pekan lalu, gitaris asal Gianyar, Bali, I Wayan Balawan (45), justru merasa galau jika mengingat kondisi Tanah Air saat ini.

"Saat bule-bule itu memberikan apresiasi atas seni dan budaya yang kita mainkan dan tampilkan lewat musik, gamelan, dan tari, sebagian dari kita di Indonesia justru tengah mengoyak-ngoyak keberagaman dan kebinekaan kita. Ujaran dan sikap mereka membahayakan dan membuat kita malu, sedih, dan prihatin," ujar Balawan di Denpasar, Bali, pekan lalu.

Baca juga: Livi Zheng dan Musisi Indonesia Sukses Gelar Konser di Los Angeles

Pada konser tersebut, Belawan berkolaborasi dengan I Nyoman Wenten, guru besar gamelan di AS; dan istrinya, Nanik Wenten, yang juga koreografer tari.

Balawan tak hanya memainkan komposisi lagu-lagunya sendiri, tetapi juga lagu-lagu daerah, seperti "Keroncong Kemayoran" dan "Bubuy Bulan" (Jawa Barat), yang dipadu dengan musik pentatonik Bali.

Baca juga: Balawan: Musisi Indonesian Kini Cenderung Google Training dan Youtube Training

Di tengah kondisi Indonesia seperti itu, Balawan memang tak lelah mengenalkan Bali dan Indonesia.

"Apa pun yang terjadi, saya tetap mempromosikan Indonesia," ujarnya.

Akhir Mei ini, Belawan akan tampil di Perancis, Belgia, Belanda, dan Austria. (HAR)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 29 Mei 2017, di halaman 32 dengan judul "Memperkenalkan Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com