Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peni Candra Rini: Dari Tembang Jawa ke Rock

Kompas.com - 14/06/2013, 07:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.COM -- Siapa mengira seorang pesinden tembang-tembang Jawa ternyata mampu melantunkan lagu keras yang sangat energik. Itulah Peni Candra Rini (29), pesinden serba bisa yang juga seorang dosen, penyanyi, sekaligus komposer. Karena keahliannya tersebut, Peni manggung di mana- mana.

"Sudah empat kali saya pentas bersama Sirkus Barock di Surabaya, Yogya, Bandung, dan Jakarta," katanya.

Grup Sirkus Barock pimpinan Sawung Jabo adalah grup musik yang memadukan unsur-unsur musik tradisi dengan musik-musik keras, dengan lagu-lagu yang sangat bertenaga.

Tampil bersama Sawung Jabo sepertinya bertentangan dengan kebiasaannya, tembang Jawa yang berkarakter halus. Namun, Peni mampu menyesuaikan diri dengan irama keras itu. Seperti pada penampilannya di Taman Ismail Marzuki Jakarta, beberapa waktu lalu, saat membawakan lagu "Pengelana Merdeka".

"Tampil bersama Sirkus Barock bagi saya sekaligus sebagai ibadah," kata dosen Institut Seni Indonesia Surakarta ini. Peni sedang berlatih untuk menghadapi Spoleto Festival Italy bersama Rahayu Supanggah dalam waktu dekat ini.

"Nanti bulan September saya juga akan ke Australia untuk menampilkan Nyai Ontosoroh," ujarnya. (awe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com