Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valerina Daniel: Bangga akan Jakarta

Kompas.com - 25/06/2013, 06:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Valerina Daniel (34) berbagi cerita tentang kembalinya dirinya ke ”habitat” sebagai None Jakarta. Val, penyandang gelar None Jakarta 1999, Sabtu (22/6), membacakan sejarah singkat Kota Jakarta dalam apel Hari Ulang Tahun Ke-486 DKI Jakarta di kawasan Monumen Nasional, Jakarta.

”Saya seperti bernostalgia kala masih bertugas menjadi None Jakarta. Meski harus membaca naskah cukup panjang, sekitar 15 menit, tetapi tetap semangat,” kata Val, yang mengenakan kebaya encim khas Betawi.

Dalam upacara itu, Val menceritakan bagaimana Kota Jakarta terbentuk, mulai dari zaman prasejarah, era Kerajaan Tarumanagara, penjajahan Belanda, hingga penjajahan Jepang.

”Tidak menyangka, Jakarta pada abad keempat Masehi, di bawah Kerajaan Tarumanagara, telah ada saluran untuk mengatasi banjir dan sebagai irigasi pertanian,” ujarnya.

Val, yang juga Duta Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup RI, mendukung konsep infrastruktur tersebut mengingat saat ini Jakarta sering ditimpa banjir. ”Dulu Sungai Ciliwung merupakan jalur transportasi air yang sangat penting. Alangkah baiknya jika kondisinya bisa dipulihkan dan sampah-sampah bisa dibersihkan.”

”Kalau masyarakat menjaga lingkungannya, insya Allah Jakarta akan kembali berjaya dengan sebutan Koningin van het Oosten atau Ratu dari Timur. Pasti semua bangga!” katanya. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com