Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filmnya Diputar di Jakarta, Sutradara Sujoy Ghosh Gugup

Kompas.com - 25/09/2013, 17:38 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sujoy Ghosh, sutradara merangkap salah satu penulis cerita dan naskah serta produser film thriller India Kahaani, mengaku gugup ketika filmnya itu diputar dalam perhelatan Indian Film Festival 2013: 100 Years Indian Cinema, di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2013) malam.

Padahal, Kahaani, yang dirilis secara internasional pada 9 Maret 2012, menuai pujian dari banyak kritikus film. Film tersebut juga memenangkan sejumlah penghargaan, antara lain dari Filmfare Awards 2012. Dalam ajang penghargaan film di India itu, film tersebut meraih lima penghargaan, termasuk aktris terbaik dan sutradara terbaik.  

"Entah mengapa rasanya aneh ketika film India diputar di depan penonton yang bukan India. Gugup rasanya," kata Ghosh sebelum Kahaani diputar di Studio 8, XXI Plaza Senayan.

Meski mengaku gugup, dengan bangga Ghosh membagi cerita di balik keberhasilan film yang dibintangi oleh Vidya Balan (sebagai Vidya Bagchi) itu.

"Film ini dikerjakan dengan biaya yang lumayan kecil, tapi kami sangat bekerja keras," kata Ghosh. "Ya kira-kira 1.250.000 dollar AS saja, cukup kecil untuk sebuah produksi film India," lanjutnya.

Ghosh juga mengisahkan, ketika shooting Kahaani berlangsung, kota Kolakata alias Kalkuta  memang sedang memperingati hari raya atau festival Durga Puja, seperti yang tergambar dalam film thriller berdurasi 120 menit tersebut. "Orang-orang di sana bingung, tapi saya bilang silakan melanjutkan festival Durga Puja, seperti yang di kafe itu semua nyata kondisinya," tuturnya.

Di sisi lain, Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, mengaku gembira dengan sambutan hangat atas Indian Film Festival 2013: 100 Years Indian Cinema, yang digelar 23-27 September 2013 di XXI Plaza Senayan.

"Terima kasih, kami senang atas dukungan Anda selama ini untuk film-film India. Kami berharap Anda menikmati film yang telah banyak meraih penghargaan ini," ujar Singh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com