Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Film Lanjutan Avatar Akan Diproduksi di Selandia Baru

Kompas.com - 16/12/2013, 19:34 WIB
WELLINGTON, KOMPAS.com -- Tiga film lanjutan Avatar akan diproduksi di Selandia Baru, kata sutradara James Cameron dan pemerintah setempat.

Dengan pembuatan film-film itu di Selandia Baru, kira-kira 413 juta dollar AS akan dikeluarkan di negara tersebut dengan ratusan lowongan pekerjaan terbuka. Pengumuman itu muncul setelah pemerintah Selandia Baru meningkatkan pajak industri film dari 15 persen menjadi 25 persen.

Avatar, yang sebelumnya juga diproduksi di Selandia Baru, diluncurkan pada 2009 dan meraih tiga piala Oscar. Film 3D tersebut meraih pendapatan terbesar.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Pembangunan Ekonomi Selandia Baru, Steven Joyce, menggambarkan langkah itu sebagai "berita bagus bagi industri film Selandia Baru". "Lanjutan film Avatar akan menciptakan ratusan pekerjaan secara langsung dalam sektor film serta pekerjaan lainnya," kata Joyce.

Berdasarkan peraturan baru pajak, angka dasar akan dinaikkan menjadi 20 persen dan tambahan lima persen bila produser memenuhi kriteria khusus bagi Selandia Baru.

Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, menyebut keputusan pembuatan film-film Avatar itu sebagai "hadiah besar Natal bagi yang terlibat dalam produksi film kelas dunia".

Sementara itu, Cameron mengatakan ia gembira bisa mengatakan secara resmi bahwa, "Kami membawa film Avatar ke Selandia Baru."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com