Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

47 Ronin: Jiwa Samurai, Bukan Jiwa "Kere"

Kompas.com - 22/12/2013, 10:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ronin adalah samurai tak bertuan. Mereka bukan mantan atau pensiunan samurai. Mereka tetap samurai dengan segala sikap, watak, dan jiwanya.

Mereka loyal pada sang tuan, jujur, menjunjung tinggi wibawa, kehormatan dan harga diri. Mereka hormat kepada orang lain, jantan, berani mati untuk membela kaum lemah. Mereka sangat terlatih untuk bertarung, kekuatan mereka tidak digunakan untuk menindas orang lain, tetapi untuk menegakkan keadilan.

Jiwa itu tertanam kuat dalam 47 ronin, yang dulu mengabdi pada Tuan Asano. Asano dikhianati oleh rivalnya, Lord Kira (Tadanobu Asano), yang berjiwa kere: licik, culas, curang, tidak jujur. Maka para ronin di bawah komando Oishi (Hiroyuki Sanada) bersumpah untuk menuntut balas demi tegaknya kebenaran.

Nonton 47 Ronin adalah menyaksikan drama manusia-manusia jantan yang setia pada hati nurani, menjunjung tinggi martabat. Harakiri yang dilakukan para samurai merupakan tanggung jawab pada kehidupan yang agung. Ini berbeda dengan bunuh diri yang dilakukan manusia berjiwa kere, pengkhianat kehidupan, yang melarikan diri dari tanggung jawab pada kehidupan.

Kisah 47 Ronin berlatar waktu awal abad ke-18 ketika Jepang masih tertutup. Di tengah komunitas samurai di Dusun Ako, terdamparlah bocah yatim piatu Kai (Keanu Reeves). Ia adalah bocah berkemampuan supra natural, yang sejak kecil dilatih keras untuk bertarung secepat sinar. Ia dirawat oleh Tuan Asano (Min Tanaka) dengan penuh welas asih. Kai pun bersumpah untuk setia, dan mempertaruhkan nyawa untuk mengabdi pada Asano.

Semula kehadiran Kai ditolak oleh komunitas warga desa karena dianggap manusia berdarah iblis. Namun, kesetiaannya pada Asano jauh lebih kuat daripada loyalitas para samurai terhadap tuannya. Begitu juga kemampuan bertarung Kai.

Kesetiaan dan kekuatan itu diabdikannya pada kebenaran, keadilan. Perlawanan Kai dan para samurai terhadap Tuan Kira bukan dalam koridor balas dendam, melainkan penegakan kebenaran.

Di tengah dunia pedang para samurai, film ini diperlembut oleh cinta Kai pada Mika (Ko Shibasaki), putri Tuan Asano.

Sinema samurai
47 Ronin bisa dikatakan sebagai bagian dari sinema samurai. Legenda 47 ronin yang setia itu, pernah beberapa kali dibuat film. Antara lain The 47 Ronin oleh sutradara Kenji Mizoguchi (1941); dan The Loyal 47 Ronin (Kunio Watanabe-1958).

Empu dari genre film ini adalah sutradara Akira Kurosawa dengan karya kondangnya seperti Seven Samurai, Rashomon, dan, Yojimbo. Termasuk juga dalam jenis sinema samurai adalah Zatoichi, si pendekar buta yang populer di Indonesia pada era 1960-an dan awal 1970-an dengan aktor kondangnya Shintaro Katsu.

Sebagai sinema samurai, 47 Ronin tidak menekankan pada laga samurai itu sendiri, tetapi lebih pada drama para samurai. Adegan pertarungan samurai tetap menjadi bagian dari suguhan menarik, tetapi bukan menjadi titik berat atau pesona utama. Perkelahian dikoreografi secara "masuk akal", tidak terlalu fantastis.

Namun, yang lebih menarik dari film ini adalah watak-watak para samurai yang jantan, welas asih. Samurai bukan jenis manusia berhati busuk. Mereka bukan manusia berjiwa kere. (XAR)

47 Ronin     
Sutradara: Carl Erik Rinsch
Produser: Scott Stuber
Cerita: Walter Hamada
Skenario: Chris Morgan, Hossein Amini
Pemeran: Keanu Reeves, Rinko Kikuchi, Tadanobu Asano, dan Hiroyuki Sanada
Produksi: Relativity Media/Bluegrass Films/Universal Pictures.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com