Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Achmad Albar Dibayar Harga Pertemanan

Kompas.com - 25/01/2014, 17:05 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis grup legendaris God Bless, Achmad Albar alias Iyek, melengkapi formasi band Egon's Project with..., yang dipimpin oleh Egon (vokal). Iyek diajak bergabung sesudah Oddie Agam (keyboard dan vokal), Deddy Dhukun (vokal), Ian Antono (gitaris God Bless), Gugun (gitaris Gugun Blues Shelter), dan Addie MS (aranjer) dilibatkan.

"Ketika membicarakan proyek ini dengan Mas Oddie, kami mulai sering ketemu. Saya ciptakan lagu, lalu saya kira-kira ini cocoknya dengan (dinyanyikan oleh) Achmad Albar, kira-kira cocok dengan Oddie Agam," kata Egon dalam jumpa pers peluncuran album Kawanku di XXI Lounge, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2014).

Namun, sebagai perekrut para artis legendaris tersebut, Oddie membantah telah mengeluarkan banyak uang untuk Iyek.

"Sebenarnya itu berita gosip saja. Sebenarnya Egon itu lagunya segudang. Jadi, dia kasih saya satu dan saya kasih aransemen awal. Pas sudah dapat, akhirnya kami masuk studio. Ya, saya menggunakan musisi andal dan memudahkan proyek ini," kata Oddie.

Menurut Oddie, akan lebih mudah merekrut mereka dengan mengatasnamakan persahabatan.

"Sebenarnya, gampang merayu, mereka semua teman baik, teman disko," kata Oddie lagi. "Cuma, kesulitannya itu, kami punya kesibukan masing-masing. Akhirnya kami mencari waktu yang paling tepat," timpal Egon.

Ucapan Oddie ikut dibenarkan oleh Addie, Iyek, dan Gugun.

"Saya berangkatnya bukan dari aspek musikal, tapi dari aspek pertemanan. Kenal tergolong baru, tapi kok kayak sudah kenal lama. Dia (Egon) bisa bikin kami kumpul semua, setiap rekaman kami bisa happy-happy," ucap Addie. "Enggak pernah mikir hitung-hitungan," timpal Iyek. "Kalau saya dari proyek ini kerasa lebih sering kumpul makan-makannya," tambah Gugun lalu ketawa.

Dengan formasi tersebut, Egon ingin menghasilkan karya.

"Kami membuat album, yang penting perkumpulan kami ada hasilnya," kata Egon. "Hasilnya, saya main ada dua lagu. Kalau perform bareng Ian, kami main tiga lagu. Karena live, kayaknya seru main bareng Ian Antono," ujar Gugun. "Saya duet sama Egon di lagu 'Rahasia'," ucap Deddy. "Di album ini saya ada tiga lagu, 'Aku Harus Jadi Superstar', 'Kawanku', dan 'Jangan'. 'Kawanku', salah satu soundtrack Duo Kribo (Iyek dan mendiang Ucok Harahap) di 1977. Saya belum lahir waktu itu," ujar Iyek bercanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com