Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Ice Bucket Challenge, Ruben Onsu Tak Hanya Mandi Air Es

Kompas.com - 03/09/2014, 16:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebagaimana sejumlah pesohor dari industri hiburan Tanah Air, artis peran sekaligus pembawa acara Ruben Onsu (31) ambil bagian dalam Ice Bucket Challenge alias tantangan untuk mengguyur tubuh dari atas kepala dengan seember air es, yang merupakan kampanye untuk menunjukkan kepedulian sekaligus penggalangan dana untuk riset terhadap penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau degenerasi saraf otak yang mengakibatkan kelumpuhan. Ia mengaku juga menyumbang uang, selain mandi air es.

Ruben mengguyur tubuhnya dari atas kepala dengan seember air es di Planet Hollywood Jakarta, Selasa (2/9/2014), sesudah press screening film horor baru yang dibintanginya, Tumbal 97.

Ia mengaku melakukan hal itu karena ditantang oleh sejumlah rekannya dari industri hiburan.

"Kalau saya, melakukan ini dalam rangka menerima tantangan dari Ayu Ting Ting (penyanyi dangdut) dan Shanker (Shanker RS, produser eksekutif film Tumbal 97)," terang pemeran Ustadz Nurdin dalam film tersebut.

"Chika Jessica (artis peran) ikut nantang saya. Di Instagram, mereka nantang saya," tambahnya sebelum mengguyur dirinya dari atas kepala dengan seember air es.

Ruben mengaku tak hanya mandi air es, tetapi juga menyumbang sejumlah uang.

"Kita enggak hanya guyur mengguyur saja, tapi harus mendonasi juga," ujarnya.

"Kita enggak perlu kasih tahu berapa donasi yang perlu diberikan," imbuhnya.

Ruben berpendapat bahwa Ice Bucket Challenge bukan hanya tentang mengikuti tren untuk menunjukkan eksistensi diri.

"Ice Bucket Challenge itu pro kontra, kalau enggak mau ditantang ya donasi uang. Tapi, orang kita salah mengartikan," ucapnya.

Ice Bucket Challenge merupakan kampanye untuk menunjukkan kepedulian sekaligus penggalangan dana untuk riset terhadap penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau degenerasi saraf otak yang mengakibatkan kelumpuhan.

Dalam gerakan yang berasal dari Amerika Serikat itu, seorang peserta mandi air es lalu menantang tiga orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 24 jam. Aksi berbasah-basahan itu harus direkam dalam video dan diunggah ke dunia maya. Jika tidak menjawab tantangan, seseorang yang ditantang harus menyumbang 100 dollar AS ke situs ALSA.org untuk biaya penelitian penyakit tersebut.

Ice Bucket Challenge juga ramai dilakukan di Indonesia. Para pesohor dari industri hiburan yang sudah ambil bagian adalah, antara lain, Bunga Citra Lestari, Chika Jessica, Saipul Jamil, Daniel Mananta, Julia Perez, dan Vidi Aldiano. (Benedictus Gemilang Adinda)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com