Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joseph Gordon-Levitt Menjadi "Buron" Amerika

Kompas.com - 12/11/2014, 19:58 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktor Joseph Gordon-Levitt mendapat berkah tahun ini. Ia terpilih untuk memerankan Edward Snowden dalam film baru yang akan disutradarai Oliver Stone. Stone dikenal sebagai sutradara yang banyak membongkar cacat politik Amerika Serikat.

Edward Snowden adalah kontraktor untuk Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Ia berani mengkritik Program Pengawasan Massal yang dicetuskan AS.

Naskah film ditulis oleh Stone berdasarkan dua buku, yaitu The Snowden Files: The Inside Story of the World’s Most Wanted Man karya Luke Harding dan buku Time of the Octopus karya Anatoly Kucherena.

Dia pernah mendapat Academy Award untuk film Platoon yang mengkritik Perang Vietnam dan Born on the Fourth of July, kisah para veteran perang yang tersia-siakan oleh negara.

Open Road Films dan perusahaan keuangan Endgame dikabarkan membiayai film tersebut. Levitt segera memproduksi film itu di Muenchen, Jerman, Januari 2015.

Produser Moritz Borman mengatakan, Stone memilih Open Road Films dan Endgame dengan alasan menjaga independensi.

"Film ini perlu digarap independen, tidak ada tekanan politik di dalamnya," katanya.

Levitt dianggap paling pas memerankan Snowden yang berani membocorkan dokumen rahasia AS ke media pada 2013. Dokumen itu mengungkap kegiatan AS untuk memata-matai warga sendiri dan belasan pemimpin dunia dengan cara mengumpulkan data dari aktivitas internet dan telepon.

Sejak itu, Snowden menjadi buron Pemerintah AS. Ia melarikan diri ke Rusia dan pernah tinggal selama enam minggu di Bandara Sheremetyevo, Moskwa, sebelum akhirnya diberi suaka oleh Rusia pada 1 Agustus 2013. Dia mendapat izin tinggal selama tiga tahun. Kini, keberadaannya masih dirahasiakan. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com