Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Hirata: Akhirnya Resmi

Kompas.com - 18/03/2015, 15:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata sedang bahagia. Lima tahun setelah ia dirikan, Museum Kata yang berlokasi di kampung kelahirannya, Desa Lenggang, Gantong, Belitung Timur, itu akhirnya diresmikan pemerintah pusat dan diakui sebagai salah satu obyek wisata utama di Belitung Timur.

"Akhirnya, setelah lima tahun, resmi juga!" seru Andrea, seusai menerima kunjungan rombongan Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo di Museum Kata, Sabtu (14/3/2015) sore.

Museum Kata, yang Andrea sering sebut sebagai museum sastra pertama di Indonesia itu, menampilkan cuplikan karya sastra penulis tersohor, karya lukis, serta menyediakan koleksi sejumlah buku yang bebas dan gratis dinikmati pengunjung.

"Selama ini seolah pemerintah tidak peduli. Yang peduli hanya para pembaca (novel Laskar Pelangi) dan masyarakat sekitar. Tetapi, sekarang saya akhirnya bisa buktikan, konsep ini berhasil. Terbukti, menteri mau meresmikan museum ini sebagai obyek wisata karena ia menyadari ada potensi konsep wisata intelektual seperti ini," kata Andrea, yang saat ini sedang menanti waktu terbit dua novel terbarunya, Ayah dan The Trauma. (AGE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com