Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chua "Kotak" Rayakan Perbedaan dengan Kibarkan Bendera di dalam Air

Kompas.com - 17/08/2015, 16:12 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain bas grup band Kotak, Swasti Sabdastantri (27) atau Chua "Kotak", mengibarkan bendera Merah Putih di dalam akuarium raksasa SeaWorld, Ancol, Jakarta Utara untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Senin (17/8/2015). Menurut Chua, aksi tersebut merupakan salah satu cara dirinya merayakan perbedaan atau kebhinekaan bangsa Indonesia.

"Saya ngerayain perbedaan itu di SeaWorld, beda banget sama jalur musik kan," ujarnya kepada wartawan usai upacara bendera di dalam air.

Bersama tujuh orang penyelam profesional, Chua membentuk formasi pengibar bendera. Perempuan kelahiran Makassar, Sulawaesi Selatan ini bertindak sebagai pembawa bendera Merah Putih dengan seragam baju selam.

"Terus sama temen-temen penyelam tadi ada umurnya tua-muda, latarnya beda. Tapi kami punya misi yang sama," tuturnya.

Aktivitas mengerek bendera dalam air itu dimulai pukul 10.30 WIB dengan diiringi lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang diakhiri dengan pembacaan teks Proklamasi dari dalam akuarim SeaWorld.

Saat proses pengibaran, terllihat ribuan ikan dengan berbagai jenis berenang di sekeliling paskibra bawah air ini. Bahkan, seekor ikan pari sempat berenang mengitari ketujuh penyelam termasuk Chua.

Ketika lagu "Indonesia Raya" dikumandangkan, suasana hening sesaat. Pengunjung terpaku pada pengibaran bendera yang dilakukan Chua dan rekan-rekan. Hingga akhirnya bendera Merah Putih terpancang di atas tiang, seluruh pengunjung bertepuk tangan.

"Sangat berkesan sekali. Karena ini pengalaman pertama. Edukasi luar biasa di sini. Diajarin penyelam profesional. Momennya pas pengibaran bendera yang sakral. Siapa yang enggak bangga. Tadi ada ikan pari ekornya nyamber-nyamber he-he-he," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com