Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Monster-monster Imajinasi RL Stine Jadi Nyata

Kompas.com - 25/10/2015, 20:42 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Sepanjang sejarah penerbitannya, novel "Goosebumps" telah terjual sebanyak 400 juta kopi di seluruh dunia. Hal itu pula yang menjadikan karakter-karakter monster hasil imajinasi penulis buku Robert Lawrence Stine atau lebih dikenal dengan nama RL Stine begitu mendunia. Lalu, apa jadinya bila sejumlah karakter monster tersebut menjadi nyata dan menghantui sebuah kota dengan teror mereka? Jawabannya bisa ditemukan lewat film Goosebumps garapan sutradara Rob Letterman.

Film Goosebumps mencoba menggabungkan sejumlah karakter monster dalam novel "Goosebumps" menjadi satu dalam sebuah cerita baru. Cerita tersebut berawal dari seorang remaja bernama Zach Cooper (Dylan Minnete) yang merasa kecewa karena harus berpindah dari New York ke sebuah kota bernama Madison.

Petualangan Zach dimulai kala ia mulai berteman dan menaruh hati kepada Hannah (Odeya Rush) yang merupakan tetangga sebelah rumahnya. Namun, niatnya untuk selalu dekat dengan Hannah terhambat kala ayah Hannah yang misterius selalu memperingatkan Zach untuk menjauhi putrinya. Zach lantas mengatur rencana untuk menyelidiki rumah Hannah.

Dibantu oleh kawannya, Champ (Ryan Lee), Zach akhirnya mengetahui bahwa ayah Hannah ternyata adalah RL Stine (Jack Black), penulis novel terkenal "Goosebumps". Tidak hanya itu, Zach dan Champ juga menemukan fakta bahwa monster-monster dalam novel "Goosebumps" adalah hal yang nyata dan Stine mengunci mereka dalam buku novel aslinya.

Persoalan menjadi runyam kala salah satu karakter "Goosebumps", Slappy The Dummies, keluar dari novel dan berniat membalas dendam dengan mengeluarkan monster-monster dalam novel-novel lainnya, yang antara lain The Haunted Car, Werewolf, Snowman, Bug-Eyed Aliens, Toy Robots, The Mummy, hingga The Blob yang meneror seluruh kota.

Zach, Hannah, Champ, dan RL Stine pun harus bahu membahu dalam sebuah petualangan menegangkan untuk mengunci kembali monster-monster tersebut ke dalam novel.

Sebagai sebuah usaha untuk membuat cerita baru, film Goosebumps arahan Letterman ini mampu menawarkan sudut pandang yang segar bagi para pecinta novel "Goosebumps" dan juga para penonton pada umumnya karena membuat sang pencipta novel, RL Stine menjadi pusat dari cerita.

Meski tak semua monster dalam novel Goosebumps dimunculkan dalam film ini, nuansa nostalgia akan karakter-karakter monster yang amat akrab di ingatan para pembaca novel "Goosebumps" juga dengan apik ditampilkan dalam efek-efek visual yang cukup bagus.

Usaha untuk menampilkan horor berbau humor pun berhasil dieksekusi dengan akting dari Jack Black yang di tengah situasi menegangkan dan menyeramkan masih mampu memunculkan adegan humor bersama lawan mainnya. Sebagai sebuah film horor berbalutkan komedi, Goosebumps bisa menjadi sebuah pilihan menarik untuk ditonton.

Produser: Deborah Forte, Neal H. Moritz
Sutradara: Rob Letterman
Penulis Cerita: Darren Lemke
Distibutor: Columbia Pictures & Sony Animation Pictures
Pemain: Jack Black, Dylan Minnete, Odeya Rush, Ryan Lee, Amy Ryan, Jillian Bell

                    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com