Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkarna Dukung Penutupan Situs Musik Ilegal

Kompas.com - 23/11/2015, 18:46 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup band Arkarna mendukung langkah Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk menutup 22 situs musik ilegal di Indonesia. Band asal Inggris ini mengatakan bahwa tindakan tegas tersebut penting untuk kemajuan industri musik.

"Ini masih akan terus menghubungkan kehidupan kami sebagai musisi menyampaikan misi kami lewat musik. Tapi kembali lagi pembajakan juga tak bisa dilepaskan dari zaman seperti ini. Edukasi tentang pengunaan karya secara benar harus dimulai dari dini," tutur Ollie Jacobs (vokal, keyboard) mewakili Matt Hart (gitar) dalam jumpa pers di Gedung Kementrian Kominfo, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Meski demikian, band yang populer dengan lagu "Life Is Free" ini menyadari betul pentingnya peranan media online dalam mempromosikan karya mereka secara streaming. Namun, kata Ollie, hal tersebut tetap dibatasi agar situs-situs ilegal tak semakin menjamur.

"Streaming pasti akan terus berkembang. Sekarang bukan hanya YouTube tapi dari berbagai macam cara kami mendapatkan banyak kesempatan untuk menciptakan musik-musik yang bisa dinikmati lewat saluran yang tersedia," katanya.

Arkarna juga menantikan langkah pemerintah selanjutnya untuk memfasilitasi para musisi yang memilih mendistribusikan karyanya di dunia online secara resmi dan legal.

"Selain mengembangkan industri musik itu cara yang legal untuk mengenalkan musik-musik mancanegara. Tapi ini juga memicu kami musisi dengan pihak-pihak terkait untuk menaklukkan pembajakan di masa digital ini dengan menciptakan inovasi baru yang ramah digunakan," ujar Ollie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com