Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Secuil Musikal Sys NS

Kompas.com - 23/05/2016, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mengubah pentas opera menjadi film. Itulah yang dilakukan Sys NS untuk film Pacarku Anak Koruptor yang pernah dipentaskan dalam bentuk opera pada 2011. Di beberapa bagian film, para pemain berdialog lewat lagu.

"Sebelum membuat filmnya, saya mengubah dulu, dari yang full opera menjadi musikal, tapi mungkin enggak laku. Makanya, saya tambahkan dialog dan tinggalkan musiknya sedikit. Jadi, ini namanya secuil musikal," kata Sys dalam diskusi film Pacarku Anak Koruptor, di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Sys merasa sangat sayang jika cerita itu hanya ditonton sedikit orang lewat panggung opera berjudul "Kisah Cinta Anak Koruptor dan Pacarnya" sehingga muncul ide membuat film.

"Korupsi merugikan banyak orang. Saya ingin film ini ditonton pelajar SMP. Kalau SMA dan mahasiswa, sudah banyak terpengaruh," ujar Sys yang menjadi sutradara sekaligus penulis cerita dan skenario.

Membuat judul dengan kata koruptor ternyata membuat Sys kesulitan mencari dana untuk pembuatan film.

Bahkan, saat berdiskusi di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, banyak yang meragukan judul filmnya akan menarik perhatian masyarakat.

"Hanya pimpinan KPK yang setuju dengan judul itu. Banyak yang takut dengan judul filmnya. Makanya sulit juga cari bantuan dana," lanjut Sys sambil tertawa.

Menurut rencana, film Pacarku Anak Koruptor akan tayang di bioskop pada 26 Mei 2016.

Film yang dibintangi Jessica Mila dan Sabda Ahessa ini mengisahkan kisah cinta seorang demonstran dengan anak koruptor kelas kakap. Sabda merupakan anak kedua Sys yang baru pertama kali bermain film. (SIE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 21 Mei 2016, di halaman 32 dengan judul "Secuil Musikal".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com