Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktris Freida Pinto Perjuangkan Pendidikan bagi Anak Perempuan

Kompas.com - 12/06/2016, 12:26 WIB

KOMPAS.com - Aktris Freida Pinto menerima penghargaan pada acara Changemaker Gala, yang merupakan bagian dari Greenich International Film Festival, di Connecticut, AS, Jumat (10/6/2016).

Penghargaan itu diberikan kepada Pinto atas kegiatannya dalam Girl Rising, sebuah kampanye global untuk pendidikan bagi perempuan. Pinto juga merupakan duta Girl Rising.

"Di banyak bagian dunia, selalu anak perempuan yang disisihkan. Mereka tidak mendapat pendidikan atau terpaksa keluar dari sekolah karena menikah di usia 18 tahun," kata bintang film Slumdog Millionaire itu.

"Ketidakadilan terhadap perempuan itu terjadi, bahkan di negara maju. Apalagi yang terjadi di bagian dunia di mana warganya bahkan tidak menyadari hak-haknya," ujar Pinto kepada People.

Karena itu ia ingin mengubah kondisi itu. "Perubahan itu sangat sederhana. Perubahan adalah satu-satunya yang selalu terjadi dan memungkinkan untuk diupayakan," kata perempuan berusia 31 tahun  itu.

Bagi Pinto, keinginan untuk terlibat dalam kampanye Girl Rising itu sangat manusiawi

"Orangtua saya memfasilitasi saya dengan pendidikan terbaik, " kata aktris India tersebut.

Dia menekankan sekolah tidak hanya mengajar perempuan untuk bisa membaca dan menulis.

"Seluruh kebudayaan itu sebenarnya belajar di sekolah, berinteraksi dengan teman, memiliki guru yang hebat, dan belajar lebih ketimbang yang diberikan buku. Itu semua penting untuk membentuk pemikiran seorang anak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com