Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Ingatkan Pembuat Film untuk Angkat Tema Lingkungan Hidup

Kompas.com - 14/11/2016, 05:36 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Deddy Mizwar (61), aktor dan sutradara yang menjadi wakil gubernur Jawa Barat, mengingatkan para pembuat film di wilayah pemerintahannya untuk mengangkat tema lingkungan hidup.

Hal itu dinyatakannya terkait banjir dan longsor yang terjadi di sejumlah tempat di Jawa Barat akibat kondisi lingkungan hidup yang tak baik di wilayah itu.

Film bertema lingkungan hidup, diharapkan oleh Deddy, akan membantu memberi wawasan tentang lingkungan hidup bagi masyarakat.

"Perlu juga barangkali film dokumenter yang berbicara tentang lingkungan hidup agar memotivasi masyarakat untuk peduli lingkungan," kata Deddy, yang pada Sabtu (12/11/2016) di Bandung mengumumkan penyelenggaraan Indonesian Ethnographic Film Festival pertama.

"Karena, apa pun enggak akan jalan kalau tidak ada daya dukung lingkungan. Selama kita berdiri di bumi, kita butuh lingkungan," katanya lagi.

Ia juga mengajak para pembuat film di Jawa Barat untuk terus berkarya, karena film, video, dan fotografi merupakan sub-bidang ekonomi kreatif yang memiliki potensi besar untuk menjadi kekuatan baru enonomi nasional.

"Potensi pasar Indonesia cukup menjanjikan bagi industri film dunia dan, harus diakui, hingga kini kita memang masih menjadi negara pengimpor film," ujarnya.

"Oleh sebab itu, saya ingin mendorong minat para film maker lokal di Jawa Barat untuk jangan takut berkarya, karena potensi pasar film masih sangat terbuka, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri," ujarnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com